Sampai Dimana Progres Pembangunan Jalan Tol Padang - Pekanbaru?

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan kelanjutan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Padang – Pekanbaru atau yang berada di wilayah Sumatra Barat, bergantung pada partisipasi masyarakat dalam mendukung pembebasan lahan.

Yanita Petriella

5 Jan 2023 - 16.52
A-
A+
Sampai Dimana Progres Pembangunan Jalan Tol Padang - Pekanbaru?

Senang Lihat Gajah, Jokowi Minta Pembangunan Infrastruktur Harus Ramah Lingkungan. / YouTube Setpres

Bisnis, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan kelanjutan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Padang  Pekanbaru atau yang berada di wilayah Sumatra Barat, bergantung pada partisipasi masyarakat dalam mendukung pembebasan lahan.

Basuki menjelaskan hal itu kepada media usai peresmian jalan tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru Bangkinang.

Menurutnya, pemerintah pusat sudah menyampaikan hal itu kepada pemerintah daerah (pemda) seperti gubernur, bupati wali kota di Sumbar.

“Untuk kelanjutan tol Pekanbaru Padang di wilayah Sumbar, kemarin saya dan gubernur sudah bertemu, datang juga bupati wali kota. Di sana saya sampaikan sekarang tergantung gubernur dan bupati. Dua bulan kemudian dijawab dengan sudah dimulai kembali pembebasan lahan di ruas Padang –Sicincin,” ujarnya, dikutip Kamis (5/1/2022). 

Dia mengakui, kendala dalam pembebasan lahan di Sumbar berasal dari masyarakat. Basuki pun tidak mengetahui lebih lanjut mengapa masyarakat menolak pembebasan lahan, padahal uang untuk membayarkan ganti rugi sudah disiapkan pemerintah.

Terkait kelanjutan tol Pekanbaru  Padang di wilayah Sumbar ini, menurut Basuki, gubernur beserta bupati dan wali kota berada di depan untuk mendorong pembebasan lahan.

“Kalau ruas Padang – Sicincin itu mudah-mudahan tahun 2024 nanti tersambung. Setelah itu seksi selanjutnya ada pembangunan terowongan. Nanti dengan dukungan JICA dan APBN akan dilakukan konstruksi, dan sekarang dalam tahap penelitian konstruksi,” katanya. 

Baca Juga: Ruas Pekanbaru - Bangkinang Mulai Beroperasi Perkuat JTTS

Basuki menilai pemerintah tidak akan melakukan pemotongan atau menebas bukit barisan, tetapi lebih memilih membuat terowongan dengan hasil yang lebih cantik. Untuk tahapan konstruksi itu diperlukan penelitian tanah dan desain konstruksi terowongan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pembangunan infrastruktur harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjamin keberlangsungan hidup satwa liar. 

Hal ini disampaikannya setelah melihat perlintasan gajah di KM 12 ruas tol Pekanbaru  – Dumai, pada Kamis (5/1/2023).

“Saya terus mengingatkan mengenai pentingnya juga memperhatikan lingkungan, seperti yang kita bangun Jalan Tol Pekanbaru Dumai misalnya, ada terowongan untuk lintasan gajah sebanyak enam tempat,” Sehingga, lanjut Presiden, pembangunan jalan tol ini tidak mengganggu perlintasan salah satu satwa yang dilindungi yaitu gajah Sumatra. 

Tidak hanya di Riau, orang nomor satu di Indonesia ini menuturkan bahwa upaya pelestarian tersebut juga akan dilakukan di tempat lain agar pembangunan infrastruktur tidak mengganggu kelestarian satwa liar.

“Saya kira beberapa tempat memang kita membangun terowongan-terowongan, lintasan untuk hewan-hewan yang dilindungi tersebut,” tuturnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau Genman S. Hasibuan juga menambahkan bahwa terowongan gajah ini merupakan langkah adaptasi atas pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru Dumai yang telah membelah habitat gajah di dua kota dan dua kabupaten dengan total populasi gajah sebanyak 76 ekor.

“Sebagai adaptasi dari pembangunan jalan tol ini terhadap keberadaan gajah di lokasi ini, maka kami dari Balai Besar KSDA Riau bekerja sama bersama Hutama Karya untuk membuat terowongan gajah sehingga gajah itu pergerakannya tidak terganggu,” ucapnya. (Arif Gunawan/Muhammad Ridwan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.