Saudi Rela Lepas Saham Aramco Demi Lancarkan Transformasi Ekonomi

Penguasa minyak dunia Aramco l Arab Saudi berhasil mengumpulkan dana US$12 miliar atau hampir Rp195 triliun dari penjualan saham ke investor internasional demi mendanai kelanjutan misi transformasi ekonomi negara ini.

Nindya Aldila

4 Jun 2024 - 15.33
A-
A+
Saudi Rela Lepas Saham Aramco Demi Lancarkan Transformasi Ekonomi

Bisnis, JAKARTA - Penguasa minyak dunia Aramco l Arab Saudi berhasil mengumpulkan dana US$12 miliar atau hampir Rp195 triliun dari penjualan saham ke investor internasional demi mendanai kelanjutan misi transformasi ekonomi negara ini. 

Penawaran pada Minggu (2/6/2024) disambut antusias sehingga saham langsung ludes terjual. Berdasarkan laporan Bloomberg, permintaan berasal baik dari investor lokal dan asing, kata tiga orang yang mengetahui masalah tersebut.

Pemerintah Saudi menjual sekitar 1.545 miliar saham atau sekitar 0,64% porsinya dengan harga 26,7-29 riyal (Rp115.556-Rp125.510). Setelah penjualan ini, Pemerintah Saudi masih memiliki 82% saham Aramco dan dana investasi khusus PIF sebesar 16%. 

“Transaksi ini memberikan peluang bagi investor saat ini dan investor baru untuk membangun posisi yang cukup besar di Saudi Aramco dengan harga yang kami yakini menawarkan nilai dan pertumbuhan yang menarik bagi pemegang saham kami,” kata Kepala Eksekutif Saudi Aramco Amin Nasser, dikutip The Financial Times. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.