Schwarzenegger: Perangi Perubahan Iklim Rugikan Ekonomi, Bodoh!

Menjelang KTT iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia, Arnold Schwarzeneggermengatakan kepada BBC bahwa pengurangan emisi karbon akan menguntungkan ekonomi global.

M. Syahran W. Lubis

29 Okt 2021 - 14.33
A-
A+
 Schwarzenegger: Perangi Perubahan Iklim Rugikan Ekonomi, Bodoh!

Aktor Arnold Schwarzenegger, mantan Gubernur California

Bisnis, JAKARTA – Mantan aktor dan politikus Arnold Schwarzenegger mengatakan para pemimpin yang mengklaim memerangi perubahan iklim merugikan ekonomi adalah "bodoh atau pembohong".

Menjelang KTT iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia,, mantan gubernur California itu mengatakan kepada BBC bahwa pengurangan emisi karbon akan menguntungkan ekonomi global.

Aktor Terminator itu mengatakan mengurangi asupan daging tidak harus berarti mengorbankan sesuatu. malah memotongnya sendiri telah membuatnya lebih sehat. Dia juga membidik polusi yang disebabkan oleh perdagangan internasional.

Dalam wawancara luas untuk seri 39 Cara Menyelamatkan Planet dari BBC Radio 4, Schwarzenegger mengklaim keberhasilan ekonomi California yang berkelanjutan dan penciptaan lapangan kerja yang produktif membuktikan pengurangan karbondioksida dan peningkatan kekayaan berjalan seiring.

"Mereka pembohong, mereka bodoh. Atau mereka tidak tahu bagaimana melakukannya, karena kami memikirkan bagaimana melakukannya dan ini semua tentang memiliki nyali untuk melakukannya," paparhnya.

Schwarzenegger menjadi juara udara bersih dan energi terbarukan saat menjadi gubernur antara 2003 dan 2011 dengan menetapkan target untuk mengurangi asap knalpot dan emisi gas rumah kaca.

Sejak meninggalkan jabatannya, dia menggunakan ketenaran dan pengaruhnya untuk mempromosikan kebijakan pengurangan karbon, terutama dengan Inisiatif Iklim Schwarzenegger.

Schwarzenegger juga kritis terhadap agenda lingkungan yang berfokus pada pengorbanan gaya hidup.

Mantan juara binaragawan irtu mengatakan dia telah mengurangi asupan dagingnya sekitar tiga perempat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi berpendapat dia justru "mendapatkannya" sebagai hasilnya.

"Sejak makan lebih banyak sayuran dan makanan nabati, dokter jantung saya mengatakan arteri saya telah berhenti menyempit," tuturnya. "Jadi, bagaimana saya bisa melepaskan sesuatu? Saya mendapatkan kesehatan saya, itu memberi saya tambahan 2 tahun."

Schwarzenegger juga percaya teknologi memberikan solusi dan mengutip Hummer, kendaraan off-road gaya militer besar, beralih dari diesel ke tenaga baterai sebagai bukti, mengingat versi listrik berjalan lebih cepat dengan lebih banyak tenaga kuda.

Dia mengungkapkan kekhawatiran khusus tentang polusi udara dan gas rumah kaca yang berasal dari pengiriman barang (ekspedisi), dan menyarankan hal terpenting yang dapat kita lakukan sebagai individu untuk mengurangi karbon adalah berbelanja lokal.

"Beli produk lokal. Setiap kali Anda membeli sesuatu dari luar negeri, itu buruk bagi lingkungan, ini seperti hal terburuk yang dapat Anda lakukan."

Ketika ditantang apakah, sebagai politisi Republik, dia harus mendukung kapitalisme global yang mendorong perdagangan semacam ini, Schwarzenegger menolak karakterisasi ini. "Anda dapat memiliki kompetisi, tetapi Anda harus pintar tentang hal itu.

Dia berencana menghadiri pembicaraan iklim di Glasgow pekan depan, tetapi tidak menaruh kepercayaan besar pada sistem top-down, dan lebih memilih untuk melihat solusi datang dari tekanan populer dan perubahan teknologi.

Namun, Schwarzenegger tetap optimis dan masih percaya: "Tidak ada takdir selain apa yang kita buat untuk diri kita sendiri."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.