SCN Kabil Optimistis Bisa Ekspansi Global Tahun Depan

Pada 2021, SCN Kabil melakukan reorganisasi perusahaan yang terdiri atas 4 entitas dengan izin usaha yang berbeda-beda.

Rahmad Fauzan

24 Okt 2023 - 17.59
A-
A+
SCN Kabil Optimistis Bisa Ekspansi Global Tahun Depan

Foto udara proses bongkat muat pipa besi berukuran besar di dermaga 3 SCN Kabil, Batam. Bisnis/Adam Rumanysah

Bisnis, JAKARTA – Setelah melakukan persiapan di berbagai aspek sebagai respons atas dampak pandemi Covid-19, PT Sarana Citranusa (SCN) Kabil menargetkan perusahaan pengelola pelabuhan di Kota Batam itu bisa melakukan ekspansi global pada 2024.

Presiden Direktur dan CEO SCN Logistic Group Aulia Febrial Fatwa optimistis bahwa target tersebut bisa terealisasi setelah memiliki peta jalan atau Roadmap 5 Tahun 2021—2025 sebagai acuan bagi perusahaan dalam menjalankan bisnis. 

"Apa yang sudah disiapkan dan diimplementasikan, tahun ini kami akselerasi. Harapannya, pada 2024 perusahaan sudah siap melakukan ekspansi," kata Febri ketika ditemui tim Jelajah Pelabuhan 2023 pada Selasa (24/10/2023). 

Baca juga: Jelajah Pelabuhan 2023: Cara IPC TPK Urai Kepadatan di Priok

Pada 2021, SCN Kabil melakukan reorganisasi perusahaan yang terdiri atas 4 entitas dengan izin usaha yang berbeda-beda.

Semuanya adalah PT SCN Kabil di sektor pelabuhan dan terminal, PT Citra Pembina Pembangunan Industries (CPPI) untuk jasa logistik, PT Citra Madya Cargindo untuk bongkar muat dan cargo handling, serta PT Citra Pembina Logistik (CPL) di sektor freight dan forwarding


Foto udara kantor pelabuhan SCN Kabil, Batam, yang terintegrasi langsung dengan tempat penyimpanan atau gudang sementara tertutup dan terbuka, Selasa (24/10/2023). Pelabuhan SCN Kabil merupakan pelabuhan yang berada di Kota Batam dengan memiliki sejumlah fasilitas yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas, seperti gudang atau tempat penyimpanan terbuka maupun tertutup. Bisnis/Adam Rumansyah


Febri mengungkapkan strategi yang diambil pada saat itu adalah perampingan perusahaan melalui konsolidasi keempat unit bisnis tersebut menjadi satu kesatuan dengan mengadopsi port centric logistic (PCL) sebagai thinking process dalam menjalankan usaha. 

Mengacu kepada prinsip itu, sektor pelabuhan sebagai infrastruktur utama didorong mampu menciptakan value creation terhadap bisnis logistik yang dikelola oleh PT CPPI. 

Baca juga: Spesifikasi Dermaga Andalan SCN Kabil, Bongkar Muat Besi—CPO

"Dengan demikian, jasa logistik kami bisa mem-provide service creation kepada bisnis forwarding dan bongkar muat. Ujungnya, bisa tercipta business creation kepada customer kami," jelasnya. 

Model bisnis tersebut, kata Febri, sangat diperlukan sebagai bentuk adaptasi pelabuhan terhadap perubahan zaman dari hanya beroperasi sebagai bisnis pelayaran tinggal menjadi bisnis yang satu kesatuan dengan sektor jasa logistik. 


"Mengacu kepada roadmap, kami akan melakukan ekspansi besar-besaran. Mulai dari modernisasi alat dan infrastruktur, melakukan pengembangan pelabuhan baru, hingga mengembangkan bisnis yang sifatnya go international," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.