Sebanyak 2.379 Jiwa Wafat Akibat Gempa Dahsyat di Turki

Lebih dari 2.300 jiwa meninggal dunia dan 14.000 orang luka-luka akibat gempa dahsyat mengguncang di bagian tenggara Turki sebanyak dua kali pada Senin (6/2/2023). Adapun sebanyak tiga warga negara Indonesia (WNI) dilaporkan luka-luka.

Nindya Aldila

7 Feb 2023 - 09.15
A-
A+
Sebanyak 2.379 Jiwa Wafat Akibat Gempa Dahsyat di Turki

Orang-orang mencari korban selamat di bawah reruntuhan setelah gempa bumi di Diyarbakir, Turki 6 Februari 2023. REUTERS/Sertac Kayar

Bisnis, JAKARTA - Sekitar 2.379 jiwa meninggal dunia akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,7 mengguncang Turki pada Senin (6/2/2023).

Adapun sebanya 14.483 orang mengalami luka-luka. Kantor berita Anadolu yang berbasis di Ankara melaporkan pada Selasa bahwa terjadi dua kali gempa dahsyat pada Senin pagi di distrik Pazarcik di Provinsi Kahramanmaras.

Lalu, terjadi gempa susulan pada pukul 13.24 waktu setempat berkekuatan magnitudo 7,6 di disrik Elbistan, Provinsi  Kahramanmaras.

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan 7.840 orang telah dievakuasi dari reruntuhan. Pemerintah telah mengerahkan lebih dari 25.000 anggota tentara untuk melakukan pencarian di titik bencana.

Kendati demikian, Kepresidenan Penanggulangan Bencana dan Darurat (AFAD) mengungkapkan tidak ada potensi tsunami pada bencana kali ini.

Gempa kemarin merupakan bencana terparah sejak gempa Erzincan pada 1939. "Negara telah mengambil tindakan bersama dengan semua lembaga usai bencana. Seluruh tenaga telah dikerahkan," ujar Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Dengan adanya kejadian ini, Presiden Erdogan mengumumkan hari berkabung nasional selama 7 hari dengan mengibarkan bendera setengah tiang.

Duta Besar Indonesia untuk Turki Muhammad Iqbal mengatakan mayoritas korban gempa bermukim di wilayah Tenggara Turki. Dari sekitar 500 orang warga yang terdampak, sebagian besar merupakan pelajar dan pekerja di organisasi internasional setempat. 

KBRI Ankara mengabarkan ada 3 orang WNI yang menjadi korban luka-luka dalam gempa bumi yang melanda Turki pada kemarin pagi. Tiga WNI yang terluka itu terdiri dari 1 orang yang berada di Kahramanmaras dan 2 lainnya berada di Hatay.

Sementara itu, Iqbal menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah Turki lainnya, seperti di kawasan Marmaris, Anatolia Tengah, serta Agean dapat dipastikan berada dalam kondisi yang aman.

(Szalma Fatimarahma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.