Seberapa Berisiko Membeli Green Bond PGEO?

Dua lembaga pemeringkat global yakni Moody's dan Fitch memberikan peringkat yang relatif rendah bagi PT Pertamina Geothermal Energy Tbk., baik untuk kemampuan keuangan perseroan maupun surat utangnya. Meski demikian, peringkat yang diberikan masih termasuk layak investasi.

Emanuel Berkah Caesario

24 Apr 2023 - 14.50
A-
A+
Seberapa Berisiko Membeli Green Bond PGEO?

Ilustrasi peringkat surat utang. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. bersiap untuk kembali berburu modal melalui penerbitan green bond di pasar global dengan target hingga US$400 juta. Green bond emiten berkode PGEO ini boleh jadi cukup menarik, tetapi seberapa aman bagi investor?

Berdasarkan kurs Jisdor sebesar Rp14.855 per dolar, target emisi green bond atau surat utang berwawasan lingkungan dari PGEO tersebut akan setara dengan sekitar Rp5,94 triliun. 

Berdasarkan keterbukaan informasi, PGEO telah menyelesaikan roadshow dan pembentukan harga atau pricing untuk penerbitan green bonds tersebut. Surat utang tersebut ditawarkan dengan bunga sebesar 5,15 persen per tahun dan akan jatuh tempo pada 2028.

Besaran bunga ini cukup menarik, apalagi jika dibandingkan dengan bunga deposito mayoritas bank dalam negeri, apalagi bank-bank luar negeri, yang umumnya di bawah 5 persen per tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Seberapa Berisiko Membeli Green Bond PGEO?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.