Free with Login

Secercah Harapan dari Pertamina Hulu untuk Ketahanan Energi

Pertamina akan terus menjalankan eksplorasi yang masif dan agresif melalui pencarian potensi sumber daya baru untuk menjaga keberlanjutan kegiatan hulu migas nasional.

Ibeth Nurbaiti

19 Nov 2022 - 14.00
A-
A+
Secercah Harapan dari Pertamina Hulu untuk Ketahanan Energi

Aktivitas pengeboran di salah satu wilayah kerja offshore (lepas pantai) yang dikelola PT Pertamina Hulu Energi./Istimewa-Dok.Pertamina

Bisnis, JAKARTA — Ditemukannya sumber daya minyak dan gas bumi sebesar 283,85 juta barel setara minyak (million barrels of oil equivalent/Mmboe) dari 10 sumur eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi, memberikan secercah harapan bagi ketahanan energi nasional ke depannya.

Terlebih, kebutuhan Indonesia terhadap energi primer hingga 2050 terus meningkat meskipun ada target besar nol emisi karbon (net zero emission/NZE) yang harus dipenuhi. Jika pada 2021 kebutuhan energi primer nasional sebesar 210 juta ton setara minyak bumi (Mtoe), pada 2050 angkanya akan naik menjadi 1.000 Mtoe.

Baca juga: Mengungkit Investasi Hulu Migas di Masa Transisi Energi

Peningkatan kebutuhan energi primer tersebut sejalan dengan pertumbuhan populasi dan standar hidup yang harus dipenuhi. Dalam hal ini, energi primer terdiri dari minyak, gas bumi, batu bara, dan energi baru terbarukan (EBT). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.