Free with Login

Sederet Alasan Investor Asing Masih Kepincut Tanam Modal di Bank RI

Sederet faktor seperti pertumbuhan ekonomi yang stabil, jumlah populasi yang besar, dan peluang inovasi serta ekspansi seperti digital banking hingga finansial teknologi atau dan inklusi keuangan menjadi daya tarik investor asing untuk tanam modal.

Arlina Satiti Mugi Laras

15 Apr 2024 - 17.36
A-
A+
Sederet  Alasan Investor Asing Masih Kepincut Tanam Modal di Bank RI

Seorang melintas di kantor KB Kookmin Bank Korea Selatan. Kookmin menjadi pemegang saham di PT Bank Bukopin Tbk. sejak 2018./asianbankingandfinance.net/

Bisnis, JAKARTA— Meski di tengah dinamika dan persaingan yang kompetitif, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai iklim investasi bagi investor luar negeri di sektor perbankan masih memiliki magnet tersendiri.

Sederet alternatif pun disiapkan oleh regulator. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Edina Rae, menyebut faktor-faktor seperti pertumbuhan ekonomi yang stabil, jumlah populasi yang besar, dan peluang inovasi serta ekspansi, termasuk di bidang digital banking, financial technology (fintech), dan inklusi keuangan, tetap menarik bagi investor asing. 

“OJK secara berkala menerima berbagai permohonan izin dari investor asing, termasuk yang ingin memperkuat permodalan bank melalui right issue,” kata Dian dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu yang dikutip Senin (15/4/2024).

Sehingga, evaluasi ketat pun dilakukan untuk memastikan kontribusi positif investor asing terhadap sektor perbankan dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Menurutnya, kebijakan dan regulasi bakal terus disempurnakan untuk menjaga keseimbangan antara mengundang investasi dan memastikan kestabilan serta integritas sistem keuangan, termasuk aturan tentang batasan kepemilikan, transfer teknologi, dan penguatan kapasitas lokal. Secara keseluruhan, bank asing di Indonesia menunjukkan kinerja yang positif, baik dari total aset, dana pihak ketiga (DPK) hingga kredit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.