Sederet Daftar Proyek Infrastruktur Mangkrak di Jakarta

Pembangunan suatu proyek tak selamanya mulus. Ada sejumlah hambatan dalam penyelesaian proyek yakni pembebasan lahan sehingga menyebabkan terjadinya mangkrak. Proyek infrastruktur mangkrak antara lain Jalan Layang Non Tol (JLNT) di Pluit dan monorail.

Yanita Petriella

1 Agt 2023 - 15.38
A-
A+
Sederet Daftar Proyek Infrastruktur Mangkrak di Jakarta

Tiang-tiang monorail Jakarta yang mangkrak.

Bisnis, JAKARTA – Pembangunan suatu proyek tak selamanya mulus. Ada sejumlah hambatan dalam penyelesaian proyek yakni pembebasan lahan sehingga menyebabkan terjadinya mangkrak. 

Pada Senin (31/7/2023), Presiden Joko Widodo meresmikan sodetan Ciliwung di Jatinegara, Jakarta Timur usai dibangun selama 10 tahun. Pada awalnya, proyek sodetan Ciliwung mulai dibangun sejak Desember tahun 2013 dan ditargetkan selesai pada 2015. Kemudian, proyek tersebut kembali molor yang ditargetkan selesai pada 2016. Pada 2016 hingga tahun 2019, proyek sodetan Ciliwung ini sempat mangkrak.

Berdasarkan catatan Bisnis, pembangunan proyek sodetan Ciliwung sempat masuk dalam Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) karena gugatan lahan dari warga Bidara Cina. Pada 29 April 2016, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan PTUN lantaran kasus tersebut sudah dimenangkan oleh warga Bidara Cina, Jakarta Timur, terkait sengketa lahan proyek sodetan Ciliwung.

Adapun gugatan yang telah diajukan oleh warga Bidara Cina Nomor 59/G/2016/PTUN-JKT terkait penetapan lokasi sodetan Kali Ciliwung, yang berubah dari ketentuan sebelumnya, di mana hal tersebut tanpa pemberitahuan kepada warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.