Sederet Daftar Renovasi Stadion di Indonesia Total Rp1,9 Triliun

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini bakal melakukan renovasi atau perombakan total terhadap puluhan stadion di Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan.

Yanita Petriella

4 Apr 2023 - 12.41
A-
A+
Sederet Daftar Renovasi Stadion di Indonesia Total Rp1,9 Triliun

-

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini bakal melakukan renovasi atau perombakan total terhadap puluhan stadion di Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR sudah melakukan evalukasi teknis 165 stadion yang biasa digunakan untuk pagelaran Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Dari hasil skala prioritas terdapat 22 stadion yang akan direnovasi dengan tingkat kerusakan ringan hingga berat.

“Dari 165 stadion itu kita evaluasi lagi, prioritas mana yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 dan mempunyai resiko tinggi yang punya bonek-bonek yang banyak. Jadi disepakati ada 22 stadion yang kita audit teknis sampai kemarin ini,” ujarnya dalam keterangan resmi dikutip, Selasa (4/4/2023).

Dari hasil audit tersebut, terdapat empat stadion yang mengalami rusak ringan yakni Si Jalak Harupat kemudian Stadion Jatidiri Semarang, Stadion Pakansari Bogor, dan Stadion Segiri Samarinda. Kemudian yang rusak sedang terdapat13 stadion dan rusak berat ada lima yaitu Bumi Sriwijaya Palembang, Stadion Mandala Krida, Stadion Teladan, Stadion Brawijaya, dan Stadion Surajaya.


Menurut Basuki, perbaikan 22 stadion tersebut akan memakan biaya Rp1,9 triliun. Stadion yang menjadi prioritas perbaikan sekarang ini selain venue untuk Piala Dunia adalah Kanjuruhan.

Stadion Kanjuruhan menurut Basuki akan direnovasi total yang akan memakan biaya Rp390 miliar dan sudah mulai masuk tahap lelang.

Nantinya, Stadion Kanjuruhan yang berada di Malang, Jawa Timur, akan mempunyai kursi single seat dan struktur bangunan yang sudah sesuai standar sertifikasi layak fungsi. Adapun renovasi stadion Kanjuruhan Malang dilakukan dengan ring road pengamanan luar, struktur sesuai standar peraturan standar sertifikasi layak fungsi. Kemudian, dilakukan renovasi total stadion Kanjuruhan dengan desain yang baru termasuk perbaikan pintu, tangga, dan kursi yang menjadi single seat.

“Yang rusak ringan pasti direnovasi, yang rusak berat dibangun baru atau renovasi total. Evaluasi bukan dari PUPR tapi Komisi Keamanan Kehandalan Bangunan Gedung ini yang mengevaluasi stadion. Komisi ini terdiri dari para pakar, arsitek, konstruksi gempa. Semua dievaluasi Komisi Keamanan Kehandalan Bangunan Gedung. Biaya-biayanya sudah kita evaluasi sudah kita hitung semua, total semua bujet Rp1,9 triliun untuk merenovasi semua 22 stadion,” tuturnya. (Muhammad Ridwan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.