Sederet Katalis Penguji Emiten Batu Bara Menjaga Kekokohan

Variasi katalis menguji kekokohan emiten komoditas batu bara, mulai dari penurunan atau fluktuasi harga hingga pengurangan produksi dari China.

Asteria Desi Kartikasari

15 Mei 2023 - 17.16
A-
A+
Sederet Katalis Penguji Emiten Batu Bara Menjaga Kekokohan

Proses pemuatan batu bara ke tongkang di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis, JAKARTA— Variasi katalis menguji kekokohan emiten komoditas batu bara, mulai dari penurunan atau fluktuasi harga hingga pengurangan produksi dari China.

China dalam hal ini tengah menghentikan produksi sebanyak 50 juta ton batu bara setelah adanya kecelakaan mematikan. Meskipun analis menilai kondisi tersebut akan menjadi sentimen sesaat bagi emiten produsen batu bara seperti  PT Adaro Energy Indonesia (ADRO) hingga PT Bumi Resources Tbk. (BUMI).

Selain itu, pertumbuhan energi bersih di Negeri Tirai Bambu tersebut juga pesat. Kondisi tersebut berpeluang menjadi tekanan jangka panjang terhadap harga batu bara dunia. 

Menanggapi hal itu, kalangan pengusaha, Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu bara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia menilai berkurangnya produksi batu bara China tidak banyak berpengaruh terhadap batu bara Indonesia yang mayoritas merupakan jenis batu bara termal. Menurutnya, dalam jangka pendek harga batu bara termal diperkirakan masih akan terkoreksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Sederet Katalis Penguji Emiten Batu Bara Menjaga Kekokohan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.