Sederet Manfaat Coating Mobil dan Kekurangannya

Praktik coating belakangan makin popoler di dunia otomotif. Hal ini lantaran coating mobil bukan hanya mempercantik kendaraan, tetapi juga memiliki banyak fungsi. Lantas apa kekurangannya?

Fatkhul Maskur

31 Jan 2022 - 18.30
A-
A+
Sederet Manfaat Coating Mobil dan Kekurangannya

Coating dapat memberikan efek kilap pada bodi mobil lebih tahan lama. - Foto Auto2000

Bisnis, JAKARTA - Praktik coating belakangan makin popoler di dunia otomotif. Hal ini lantaran coating mobil bukan hanya mempercantik kendaraan, tetapi juga memiliki banyak fungsi. Lantas apa kekurangannya?

Coating adalah proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil sehingga lapisan baru ini bisa membuat tampilan warna cat pada mobil selalu terlihat baru, mengilap, tidak kusam, dan lebih sedap dipandang, seperti dikutip dari laman Auto2000, Senin (31/1/2022).

Pada umumnya, bahan yang digunakan untuk coating ialah silikon dioksida atau SiO2 yang juga merupakan bahan baku untuk membuat keramik dan kaca.

Sebagai pelapis tambahan pada permukaan cat dan bodi mobil, coating mobil penting dilakukan karena memberikan banyak manfaat yang cukup besar guna menjaga tampilan mobil tetap segar dan tidak kusam.

1. Mencegah Warna Cat Memudar

Warna cat pada permukaan bodi mobil yang sering terpapar sinar Ultraviolet  akan lebih cepat pudar dan kusam. Lapisan coating mobil akan melindungi permukaan cat sekaligus warna cat dari paparan sinar Ultraviolet yang ikut terbawa bersama pancaran sinar matahari.

2. Menambah Daya Tahan terhadap Goresan

Untuk manfaat yang satu ini tentu tergantung pada kualitas bahan coating serta seberapa tebal lapisan coating yang diberikan ke permukaan cat. Semakin tebal dan semakin keras lapisan coating, daya tahan cat mobil terhadap gores dan baret akan meningkat dan semakin baik.

3. Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Air dan Jamur

Coating membuat bodi mobil dan permukaan cat menjadi lebih tahan terhadap bercak air dan jamur akibat adanya water repellent effect. Efek daun talas akan mencegah air dan kotoran agar tidak mudah menempel dan akan langsung tergelincir saat menyentuh permukaan cat.

4. Kilap Mobil Lebih Tahan Lama

Coating dapat memberikan efek kilap pada bodi mobil lebih tahan lama. Jika menggunakan wax atau sealant, kilap mobil hanya bertahan 1-3 bulan, coating bisa lebih dari itu. Bahkan untuk jenis nano ceramic dan sapphire serum, kilap mobil diklaim bisa tahan hingga 3 tahun lebih.

Sementara itu seperti dikutip dari laman Suzuki.co.id, bahwa coating memiliki sejumlah manfaat tetapi juga ada sisi negatifnya yang harus diantisipasi.

1. Biaya coating cenderung mahal jika Anda memilih coating yang tahan lama. 

2. Proses coating juga membutuhkan waktu yang lama. 

3. Jika tidak ditangani oleh ahlinya, maka hasil coating tidak akan maksimal. 

Untuk itu, supaya hasilnya lebih maksimal dan tidak mengecewakan, apalagi Anda sudah membayar mahal, percayakan proses coating mobil Anda pada ahlinya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.