Sederet Penyebab Turun Indeks Kepercayaan Industri April 2024

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) periode April 2024 turun 1,75 poin ke level 52,30. Geopolitik global dituding menjadi sumber tekanannya. Ada faktor lain yang menjadi penyebabnya.

Fatkhul Maskur

30 Apr 2024 - 12.43
A-
A+
Sederet Penyebab Turun Indeks Kepercayaan Industri April 2024

Industri tekstil masuk level ekspansi. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA-Indeks Kepercayaan Industri (IKI) periode April 2024 turun 0,75 poin ke level 52,30. Penurunan nilai IKI terjadi pada 16 subsektor dari 23 subsektor industri pengolahan nonmigas.

Konflik yang terus berlangsung di Timur Tengah, yaitu Iran vs Israel, Israel vs Palestina, maupun konflik di Laut Merah, serta ketidakstabilan kondisi ekonomi global mendorong kegiatan usaha pada April mengalami penurunan.

Kondisi ini berdampak pada peningkatan biaya logistik dan penurunan pesanan dari luar negeri khususnya bagi sektor industri yang berorientasi ekspor maupun industri yang berbahan baku impor. Hal ini tercermin pada hasil Indeks Kepercayaan Industri April 2024 yang mengalami perlambatan ekspansi.

Indeks Kepercayaan Industri bulan April 2024 menunjukkan bahwa kondisi umum kegiatan usaha sektor industri sedikit menurun dibanding Maret 2024. Persentase jawaban responden yang menjawab kondisi usahanya meningkat dan stabil, turun dari 76,4% menjadi 73,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.