Sederet Saham Taipan 'Lokomotif' IHSG

Sejumlah emiten milik konglomerat menjadi top movers atau penggerak IHSG. Mereka di antaranya adalah saham milik taipan Prajogo Pangestu hingga Grup Djarum milik Hartono bersaudara.

Annisa Kurniasari Saumi & Rizqi Rajendra

26 Des 2023 - 14.23
A-
A+
Sederet Saham Taipan 'Lokomotif' IHSG

Karyawati beraktivitas di dekat layar pergerakan saham pada salah satu perusahaan sekuritas di Jakarta, Senin (16/10/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA— Sejumlah emiten milik konglomerat menjadi top movers atau penggerak IHSG. Mereka di antaranya adalah saham milik taipan Prajogo Pangestu hingga Grup Djarum milik Hartono bersaudara.

Misalnya saja, Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), saham milik Prajogo Pangestu PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) menjadi movers teratas IHSG, dengan harga yang telah melambung 861,5%, dan menaikkan IHSG sebesar 260,35 poin. BREN sendiri hingga saat ini telah memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp1.003 triliun. 

BREN tercatat di BEI pada 9 Oktober 2023 di harga Rp780 per saham. Melepas 4,02 miliar saham, BREN meraih dana IPO Rp3,13 triliun. Saham penggerak IHSG di posisi kedua adalah PT Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN) yang menggerakkan IHSG sebanyak 121,04 poin. Saham emiten kongsi Grup Salim, Grup Medco, dan Agus Projosasmito ini telah menguat 290,9% secara year to date (YTD). Saham AMMN menjadi salah satu saham Big Caps dengan kapitalisasi pasar Rp480 triliun yang masuk ke dalam daftar ini. 

Saham selanjutnya yang menjadi penggerak IHSG adalah saham Prajogo Pangestu di sektor petrokimia, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA). Saham TPIA mendorong IHSG hingga 105,11 poin sepanjang tahun, dan telah menguat 128,6%. Penguatan ini juga tercermin dari kapitalisasi pasar TPIA yang melambung hingga Rp508 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.