Sekali Lagi Meneropong Prospek IHSG di Penghujung Tahun 2023

Sejumlah analis masih optimistis IHSG bakal melanjutkan tren penguatannya hingga penghujung tahun ini, terutama karena masih banyaknya sentimen positif yang mendukung potensi tersebut. Sejumlah emiten pun dinilai prospektif untuk dikoleksi investor.

Tim Redaksi

6 Des 2023 - 15.44
A-
A+
Sekali Lagi Meneropong Prospek IHSG di Penghujung Tahun 2023

Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Akhir tahun 2023 tinggal menghitung hari. Meski begitu, pelaku pasar masih berpeluang mendulang keuntungan investasi dari pasar saham di penghujung tahun, asalkan memilih saham yang tepat. Sejumlah sekuritas pun memberikan rekomendasi mereka.

Masih ada sejumlah sentimen positif yang bisa mengerek kinerja pasar di sisa tahun ini, antara lain window dressing, santa claus rally, hingga libur natal dan tahun baru. Di sisi lain, IHSG berada dalam tren penguatan selama sebulan terakhir, menunjukkan gairah pasar yang lebih optimistis.

IHSG sudah berhasil kembali menembus level psikologis 7.000 sejak Kamis, 23 November 2023 lalu dan cenderung terus menguat setelahnya. Di pekan pertama bulan Desember 2023 ini, IHSG bahkan sudah menembus 7.100. Potensi penguatan pun masih berlanjut.

Nilai transaksi harian pun cenderung melebihi rata-rata tahun ini. Kemarin, Selasa (5/12/2023), misalnya, nilai transaksi harian mencapai Rp13,37 triliun, sedangkan rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) sepanjang tahun berjalan 2023 adalah Rp10,57 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Sekali Lagi Meneropong Prospek IHSG di Penghujung Tahun 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.