Sektor Andalan Investasi, Tumpuan Ekonomi Daerah di Masa Sulit

Pemerintah daerah dituntut untuk bergerak cepat dan tepat dalam menetapkan program prioritas percepatan pemulihan ekonomi di daerahnya selama masa pandemi Covid-19 belum usai.

7 Mei 2021 - 03.39
A-
A+
Sektor Andalan Investasi, Tumpuan Ekonomi Daerah di Masa Sulit

Petani memanen padi di areal sawah desa Pabean udik, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (20/3/2021)./Antara

Bisnis, JAKARTA — Pertumbuhan ekonomi di sejumlah daerah di Tanah Air diyakini akan lebih baik pada tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu, kendati masih dibayangi oleh pandemi Covid-19 yang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir.

Namun, butuh upaya ekstra keras agar ekonomi di daerah kembali bergairah. Apalagi, kegiatan usaha sempat tersendat bahkan ada yang gulung tikar, termasuk sektor andalan di sejumlah daerah seperti pariwisata nyaris terhenti karena pandemi.

Meski begitu, kondisi ini tentunya tidak bisa dibiarkan berlama-lama agar roda perekonomian di daerah tetap berputar. Pemerintah daerah dituntut untuk bergerak cepat dan tepat dalam menetapkan program prioritas percepatan pemulihan ekonomi di daerahnya.

Pemprov Jawa Barat, misalnya, belum lama ini menggencarkan kampanye pembelian produk-produk UMKM terutama oleh aparatur sipil negara (ASN) demi menggerakkan pemulihan ekonomi di Bumi Priangan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.