Sektor Properti Dinilai Menjanjikan, Ray White dan Loan Market Targetkan Pertumbuhan 15%

Sektor properti masih menjadi salah satu sektor penting penopang perekonomian nasional dan memberikan efek turunan yang luas. Meskipun sektor ini masih menghadapi banyak tantangan, perusahaan broker properti, Ray White, dan perusahaan loan advisor, Loan Market, optimistis terhadap sektor ini.

Redaksi

13 Mar 2024 - 17.07
A-
A+
Sektor Properti Dinilai Menjanjikan, Ray White dan Loan Market Targetkan Pertumbuhan 15%

Ilustrasi properti. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Perusahaan broker properti, Ray White, bersama sister company-nya yakni Loan Market optimistis terhadap prospek sektor properti di Indonesia tahun ini. Kedua perusahaan pun menargetkan dapat mencetak pertumbuhan sebesar 15% setiap tahunnya.

Sepanjang 2023 lalu, Ray White dan Loan Market telah berhasil mencapai target tersebut, meskipun di tengah gejolak perekonomian global yang masih berlanjut. Seiring dengan itu, market share perusahaan pun terus meningkat.

Adapun, Ray White adalah agen properti terbesar di Indonesia yang telah hadir sejak 1997. Sementara itu, Loan Market merupakan perusahaan jasa konsultasi keuangan atau loan advisor yang memberikan perbandingan suku bunga dari lenders yang bekerja sama dengannya.

CEO Loan Market, Sari Dewi, mengatakan bahwa kedua perusahaan optimistis mematok target tersebut sebagai wujud komitmen kedua perusahaan untuk memberikan kontribusi positif bagi transformasi ekonomi Indonesia.

Sari Dewi mengatakan bahwa Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 2025 akan mencapai 5,6%.

Meskipun target ini dianggap sedikit ambisius, target ini menjadi landasan bagi Ray White dan Loan Market untuk tetap optimistis dalam merumuskan agenda transformasi kinerja perusahaan di tahun ini.

“Kami juga senantiasa membuka peluang baru dengan membuka cabang-cabang baru pada tahun 2023. Semoga dengan kerjasama yang solid dan komitmen yang kuat, kita dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik," ungkapnya dalam keterangan resmi, Rabu (13/3/2024).


Pada awal tahun ini, Ray White Indonesia sudah membuka 3 kantor baru yaitu Ray White Central Cirebon, Ray White Signature Kuningan, dan Ray White MERR. Pada kuartal kedua tahun ini, perusahaan pun akan segera membuka kantor terbaru di kawasan Jakarta Selatan.

Hingga saat ini, Ray White telah memiliki lebih dari 175 kantor cabang di 25 kota besar Indonesia dan 5.000 marketing executive yang tersebar di 25 kota besar dan 17 provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Loan Market telah membuka 4 kantor cabang baru sepanjang 2023 yaitu Loan Market TB Simatupang, Loan Market JGC, Loan Market Prioritas Bandung, dan Loan Market Bintaro Veteran. Adapun total kantor cabang Loan Market di Indonesia saat ini berjumlah 24 kantor dan telah bekerja sama dengan 29 lenders dari bank dan institusi keuangan terpercaya.

CEO Ray White, Johann Boyke Nurtanio, mengatakan bahwa melihat sektor properti yang masih berjalan seperti ‘business as usual’, sangat perlu untuk membangun optimisme bersama terutama di sektor ini. Apalagi, sektor properti memiliki multiple effect yang dahsyat untuk sektor-sektor lainnya.

Oleh karena itu, pemerintah memberikan perhatian ekstra untuk sektor ini, di mana PPN DTP diperpanjang sampai dengan akhir 2024.  

“Dan kebijakan-kebijakan ini patut kita apresiasi karena kita menyadari bahwa pemerintah berusaha untuk mendorong pertumbuhan sektor properti kembali. Bisnis properti dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian, lapangan kerja, dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Namun, lanjutnya, bisnis properti juga menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang terus menerus, baik dari sisi ekonomi, sosial, maupun teknologi.

Faktor-faktor seperti inflasi, suku bunga, permintaan, penawaran, regulasi, preferensi konsumen, persaingan, inovasi, dan digitalisasi dapat mempengaruhi kondisi pasar properti di masa depan.

Meski begitu, Ray White masih mampu mempertahankan keunggulannya dan berhasil memenangkan dua penghargaan bergengsi di awal tahun 2024, yaitu 20 Best Franchise Opportunities to Choose in 2024 dan Top Digital PR Awards 2024.


 

ANNUAL AWARDS 2024

Di tengah dinamika ini, Ray White dan Loan Market di tahun ini kembali menggelar perayaan besar tahunannya, yaitu Annual Awards 2024 di Grand Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place Jakarta pada Jumat malam (8/3).

Penghargaan ini diperuntukkan kepada seluruh Marketing Executives, Loan Advisers, dan kantor kantor terbaik dari Ray White dan Loan Market.

Ray White Indonesia telah memilih 22 kategori penghargaan terbaik untuk regional dan nasional. Tiga di antaranya adalah kategori favorit yang selalu dinanti setiap tahunnya yaitu Top Offices, Top Regional Offices, dan Top Marketing Executives.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Ray White menambah jumlah total pemenang untuk kategori Top Offices, Top Marketing Executives based On Number of Sales dan Top Marketing based on Commission yang biasanya berjumlah 15 pemenang menjadi 20 pemenang per kategori, dalam rangka perayaan 27 tahun hadirnya Ray White di Indonesia.

Di tahun ini, kategori Top 20 Offices berhasil diraih oleh Ray White Prestige Kelapa Gading, yang dipimpin oleh Wilson Ho sebagai pemenang pertama, posisi kedua diraih oleh Ray White Kebayoran Blok M  yang dipimpin oleh Michael Surjaudaja dan posisi ketiga diraih oleh Ray White Summarecon Bekasi yang dipimpin oleh Herry Tan.

Untuk kategori Top 3 Regional Offices, posisi pertama diraih oleh Ray White CBD Surabaya dibawah pimpinan Tjipto Kaharudin, posisi kedua diraih oleh Ray White Central Paskal dibawah pimpinan Themmy Lee dan Alice dan posisi ketiga diraih oleh Ray White Kuta dibawah kepemimpinan Michael Hikma.

Pada kategori Top 20 Marketing Executives Based on Commissions berhasil diraih oleh Suryati Kurniasih dari Ray White Kebayoran Blok M, sebagai pemenang pertama, posisi kedua diraih oleh Griselda Valentina dari Ray White Kebayoran Blok M, dan posisi ketiga diraih oleh Felix  dari Ray White Commercial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.