Sektor Saham yang Diberkahi BI Tahan Suku Bunga

Sejumlah sektor saham yang sensitif terhadap pergerakan suku bunga acuan bakal terdampak positif dari kemungkinan Bank Indonesia (BI) yang menahan suku bunga acuan pada hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada Kamis (22/6/2023).

Rinaldi Azka

21 Jun 2023 - 18.18
A-
A+
Sektor Saham yang Diberkahi BI Tahan Suku Bunga

Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) diperkirakan bakal ditahan, sejumlah sektor saham ini bakal terdampak positif./BISNIS

Bisnis, JAKARTA — Peningkatan suku bunga acuan Bank Indonesia dan Federal Reserve diperkirakan telah mendekati puncak. Analis melihat terdapat beberapa sektor yang akan menikmati hal ini.

Analis Investindo Nusantara Sekuritas Pandhu Dewanto menuturkan posisi suku bunga BI dan Federal Reserve telah mendekati puncak. Selain itu, jika inflasi semakin terkendali, Pandhu melihat terdapat kemungkinan pemangkasan suku bunga untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

"Mungkin yang perlu diperhatikan adalah tren pelemahan rupiah beberapa pekan terakhir terimbas dari capital outflow, terkait turunnya harga komoditas yang dapat menekan neraca perdagangan setelah sejak 2 tahun terakhir menjadi faktor utama kuatnya nilai tukar rupiah," kata Pandu, Rabu (21/6/2023).

Menurutnya, jika pelemahan terus berlanjut, bisa saja BI kembali menaikkan suku bunga untuk menahan capital outflow.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.