Selangkah Lebih Maju untuk Rekonsiliasi AS-China

Hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Presiden China Xi Jinping menghidupkan sinyal perbaikan hubungan yang berarti besar bagi ekonomi global.

Nindya Aldila

20 Jun 2023 - 14.42
A-
A+
Selangkah Lebih Maju untuk Rekonsiliasi AS-China

Bisnis, JAKARTA - Amerika Serikat dan China akhirnya sepakat untuk mengakhiri ketegangan hubungan demi stabilitas global. Hal ini menciptakan harapan baru bagi ekonomi dunia dan kalangan bisnis.

Hal itu dicapai setelah pertemuan tak terduga selama 35 menit antara Menteri Luar Negeri Antony Blinken dengan Presiden Xi Jinping di China pada Senin (19/6/2023). Keduanya bertemu di tengah perselisihan soal isu kemanusiaan, perdagangan, Taiwan, perang teknologi, hingga keberpihakan dengan Rusia.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken berharap AS dan China akan memiliki komunikasi dan keterlibatan yang lebih baik ke depannya. "Saya pikir kami telah mengambil langkah positif dalam arah itu selama beberapa hari terakhir." jelasnya seperti dilaporkan Bisnis.com yang melansir Bloomberg.  

Tak hanya itu, pemimpin China juga memberikan pujian langka terhadap kunjungan Blinken, mengatakan bahwa kemajuan tersebut sangat baik dan menyebutkan ada kesepakatan dalam beberapa isu tertentu, tetapi tidak menjelaskan penjelasan lebih lanjut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.