Semarak IPO & Arah IHSG Tutup Tahun

Sepanjang 2022 pasar saham bergerak dinamis,sempat mencapai puncak 7.300 pada September. Meskipun kemudian melandai hingga kisaran 6.800 hingga akhir tahun ini. Aksi intial public offering atau IPO justru mencapai level tertinggi dari sisi jumlah emiten anyar, yakni dengan 59 perusahaan.

Asteria Desi Kartikasari

29 Des 2022 - 21.29
A-
A+
Semarak IPO & Arah IHSG Tutup Tahun

Ilustrasi - Papan elektronik indeks harga saham gabungan (IHSG)./Bisnis

Bisnis, JAKARTA—  Performa yang ditorehkan pasar saham sepanjang 11 bulan harus tergerus dipenghujung tahun. Meskipun gerak dinamis saham itu tidak menyurutkan niat aksi korporasi  IPO mencapai level tertinggi.

Sepanjang 2022 pasar saham bergerak dinamis,sempat mencapai puncak 7.300 pada September. Meskipun kemudian melandai hingga kisaran 6.800 hingga akhir tahun ini. Aksi intial public offering atau IPO justru mencapai level tertinggi dari sisi jumlah emiten anyar, yakni dengan 59 perusahaan.

Transaksi perdagangan di pasar saham juga cukup bergairah yang ditandai dengan kenaikan rata-rata nilai transaksi harian yang menembus Rp14 triliun. Kenaikan itu tidak terlepas dari pertumbuhan jumlah investor di pasar modal yang melampaui 10 juta. 

Sektor energi menjadi motor penggerak dengan penguatan IDX Sector Energy sebesar 103,08 persen year-to-date (YtD). Sementara yang masih menjadi pemberat adalah saham teknologi yang anjlok paling dalam sebesar 43,10 persen. Sedangkan, arus modal asing cukup deras dengan aksi beli bersih Rp63,04 triliun sepanjang 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Semarak IPO & Arah IHSG Tutup Tahun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.