September Ceria, BBM Nonsubsidi Pertamina Turun Harga

Di tengah kian ramainya isu kenaikan harga BBM bersubsidi, Pertamina malah membuat kejutan dengan menurunkan harga ketiga jenis BBM nonsubsidi tersebut yang berlaku mulai 1 September 2022.

Ibeth Nurbaiti

1 Sep 2022 - 07.30
A-
A+
September Ceria, BBM Nonsubsidi Pertamina Turun Harga

Petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mengisikan bahan bakar ke kendaraan di Makassar, Sulawesi selatan, Sabtu (15/1/2022). Opsi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite terus diembuskan, sejalan dengan tren konsumsi komoditas subsidi itu yang kian hari makin tidak terkendali. Di sisi lain, Pertamina malah menurunkan harga BBM nonsubsidi jenis Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis, JAKARTA — Setelah beberapa kali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi sebagai respons atas tingginya harga minyak dunia, PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga resmi menurunkan harga Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite.

Di tengah kian ramainya isu kenaikan harga BBM bersubsidi, Pertamina malah membuat kejutan dengan menurunkan harga ketiga jenis BBM nonsubsidi tersebut yang berlaku mulai hari ini, 1 September 2022.

Dalam laman resmi MyPertamina, diketahui rata-rata penurunan harga BBM nonsubsidi Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dexlite sebesar Rp2.000 per liter. Namun, penurunan harga BBM nonsubsidi tersebut di setiap daerah memiliki nominal yang berbeda.

Baca juga: Punic Buying BBM Bersubsidi, Cerminan Buruknya Komunikasi Publik

Adapun, harga BBM Pertamax Turbo (RON 98) mengalami penurunan menjadi Rp15.900 per liter dari sebelumnya seharga Rp17.900 per liter. Kemudian, harga Dexlite turun menjadi Rp17.100 per liter dari sebelumnya Rp17.800 per liter.

Selanjutnya, harga Pertamina Dex turun menjadi Rp17.400 dari yang awalnya Rp18.900 per liter. Sementara itu, harga BBM subsidi jenis Pertalite masih berada di angka Rp7.650 per liter pada pukul 06.00 WIB hari ini, Kamis (1/9/2022).

Penurunan harga tersebut dilakukan Pertamina sebagai bentuk penyesuaian harga BBM Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.


Seperti dikutip dari Antara, harga minyak mentah dunia pada Rabu (31/8/2022) sore, naik pada sesi Asia karena data menunjukkan permintaan bahan bakar AS menguat, pulih sedikit setelah merosot 5 persen sehari sebelumnya di tengah kekhawatiran bahwa permintaan akan menurun dari peningkatan pembatasan Covid-19 China dan kenaikan suku bunga bank sentral.

Baca juga: Aturan Pembatasan Pembelian BBM Subsidi Tunggu Pengesahan Jokowi

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS terangkat 82 sen atau 0,9 persen, menjadi diperdagangkan di level US$92,46 per barel pada pukul 06.59 GMT, setelah merosot US$5,37 di sesi sebelumnya didorong oleh kekhawatiran resesi.

Sementara itu, minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Oktober, yang akan berakhir pada Rabu, meningkat 89 sen atau 0,9 persen menjadi diperdagangkan di US$100,20 per barel, memangkas kerugian US$5,78 pada Selasa (30/8/2022). Kontrak November yang lebih aktif naik 88 sen atau 0,9 persen, menjadi US$98,72 per barel. (Afiffah Rahmah Nurdifa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.