Serangan Siber Mengganas, Talenta Digital Kian Vital

Kaspersky, perusahaan keamanan siber, mengindetifikasi 11.969 file berbahaya yang menargetkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia sepanjang paruh pertama 2023.

Fatkhul Maskur

18 Sep 2023 - 19.50
A-
A+
Serangan Siber Mengganas, Talenta Digital Kian Vital

Serangan siber yang mengganas telah memperkuat kebutuhan Indonesia akan lahirnya talenta-talenta siber. - Foto Bisnis.com

Bisnis, JAKARTA - Tren digital dan serangan siber ibarat pepatah makin menjulang posisi makin kencang tiupan dirasai. Hal ini pula yang kini dialami oleh sektor usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Tren digitalisasi sektor UMKM terekan dalam hasil survei DSInnovate bertajuk Laporan Pemberdayaan UMKM 2022. Terdapat beberapa temuan menarik, salah satunya mengenai semakin tingginya tingkat kesadaran digital di kalangan pelaku usaha kecil.

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 1.500 pelaku UMKM di Indonesia, sebanyak 87% responden menyadari peluang digitalisasi, sementara 83,8% sudah mulai menerapkan teknologi pada berbagai skala dalam bisnis mereka.

Digitalisasi menjadi peluang bagi UMKM untuk beralih dari perdagangan tradisional ke cara-cara baru berbisnis dengan menerapkan teknologi, yang menawarkan akses pasar lebih luas, penetrasi yang efektif, hingga efisiensi biaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.