Bisnis, JAKARTA - Tren digital dan serangan siber ibarat pepatah makin menjulang posisi makin kencang tiupan dirasai. Hal ini pula yang kini dialami oleh sektor usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.
Tren digitalisasi sektor UMKM terekan dalam hasil survei DSInnovate bertajuk Laporan Pemberdayaan UMKM 2022. Terdapat beberapa temuan menarik, salah satunya mengenai semakin tingginya tingkat kesadaran digital di kalangan pelaku usaha kecil.
Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 1.500 pelaku UMKM di Indonesia, sebanyak 87% responden menyadari peluang digitalisasi, sementara 83,8% sudah mulai menerapkan teknologi pada berbagai skala dalam bisnis mereka.
Digitalisasi menjadi peluang bagi UMKM untuk beralih dari perdagangan tradisional ke cara-cara baru berbisnis dengan menerapkan teknologi, yang menawarkan akses pasar lebih luas, penetrasi yang efektif, hingga efisiensi biaya.