Seribu Jurus Pemerintah Jamin Rumah Subsidi Tepat Sasaran, Berkualitas dan Terhuni

BPK sempat menemukan terdapat 5.108 unit rumah dengan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera (FLPP) yang belum dimanfaatkan oleh debitur.

Yanita Petriella

10 Jul 2024 - 20.12
A-
A+
Seribu Jurus Pemerintah Jamin Rumah Subsidi Tepat Sasaran, Berkualitas dan Terhuni

Proyek hunian bersubsidi di salah satu wilayah. Pemerintah menjamin untuk penyaluran pembiayaan subsidi perumahan secara tepat sasaran./Bisnis

Bisnis, JAKARTA — Fenomena rumah subsidi yang tidak dihuni bukanlah hal baru. Fenomena rumah subsidi tak dihuni pernah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 2017 dan 2022. BPK sempat menemukan terdapat 5.108 unit rumah dengan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera yang belum dimanfaatkan oleh debitur.

Hal ini tentu menyalahi aturan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang menetapkan bahwa seharusnya debitur wajib memanfaatkan rumah subsidi minimal selama satu tahun.

Akibatnya, pencapaian tujuan program pemerintah dalam memberikan bantuan penyediaan rumah kepada MBR kurang efektif dengan masih adanya rumah yang tidak dihuni, dialihkan, dan proses dialihkan, serta debitur atau nasabah berpotensi tidak membayar tunggakan karena kewajiban sudah dialihkan kepada pihak lain. 

Pemerintah terus memastikan bahwa penyaluran pembiayaan perumahan tepat sasaran, terhuni memastikan kondisi rumah yang dibangun oleh pengembang perumahan sesuai dengan peraturan yang berlaku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.