Sering Disebut pada Transaksi, Apa Vesting Crypto dan Fungsinya?

Salah satu istilah yang sering dipergunakan dalam transaksi ataupun pasar kripto (cyrpto) adalah vesting cyrpto. Apakah arti sebenarnya?

Jaffry Prabu Prakoso

31 Des 2022 - 14.38
A-
A+
Sering Disebut pada Transaksi, Apa Vesting Crypto dan Fungsinya?

Investor memantau pergerakan harga kripto melalui ponselnya di Jakarta, Minggu (20/2/2022). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

JAKARTA – Ketika berinvestasi aset kripto, investor akan mendengar banyak istilah asing yang tidak dipahami. Salah satunya adalah vesting crypto. Apa itu vesting crypto dan apa saja fungsinya bagi investor maupun pemilik? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Secara etimologis, vesting adalah suatu istilah hukum yang berarti memberi hak atas pembayaran, aset, atau manfaat saat ini atau pada masa depan. Konsep ini sebenarnya bukan hal baru, melainkan sudah banyak diterapkan khususnya pada pasar konvensional dengan perusahaan sebagai pelaku utama.

Perusahaan umumnya mempraktikkan konsep vesting dengan cara memasukkan sebagian kepemilikan bisnis melalui pemberian ekuitas, opsi saham, atau berbagai kontribusi khusus pemberi kerja lainnya yang bertujuan untuk mendorong karyawan memberikan kinerja terbaik mereka.


Dalam ruang lingkup kripto dan decentralized finance, selama periode prapenjualan dari initial coin offering (ICO), persentase pasokan token proyek biasanya akan disimpan dalam dompet terpisah untuk jangka waktu tertentu.

Mengutip dari Pintu Academy, Sabtu (31/12/2022), vesting crypto adalah proses memegang, mengunci, dan melepaskan token dalam jangka waktu tertentu. Vesting crypto juga seringkali dikenal dengan istilah token lockup.

Fungsi vesting crypto adalah memastikan tim inti pelaksana proyek memiliki komitmen jangka panjang terhadap proyek tersebut. Hal ini dilakukan dengan cara menjaga tim inti tetap terlibat dalam pelaksanaan proyek. 

Baca juga: Ancaman Resesi Mengadang Pasar Kripto

Kemudian sebagai imbalannya, pendiri akan memberikan sejumlah token untuk masing-masing anggota tim yang harus dikunci dalam waktu tertentu terlebih dahulu.

Vesting crypto memiliki berbagai fungsi yang berguna bagi investor maupun pemilik proyek. Berikut ini merupakan beberapa manfaat vesting crypto bagi investor, antara lain:

 

Menjaga Stabilitas Harga

Vesting crypto mengharuskan investor untuk menunggu selama jangka waktu tertentu sebelum bisa menjual aset mereka. Di satu sisi, hal ini menguntungkan investor karena dapat melindungi investor pada tahap awal fluktuasi harga aset yang biasanya akan cukup drastis agar tidak terpengaruh akan FUD.

Baca juga: Optimisme di Tengah Anjloknya Kapitalisasi Pasar Kripto

Masa Evaluasi Proyek

Vesting crypto juga dapat memberikan tambahan waktu bagi pemilik proyek untuk mengembangkan suatu proyek. Apalagi jika proyek tersebut belum memiliki prototipe yang matang.

Bagi investor, adanya vesting crypto merupakan suatu keuntungan. Sebab investor dapat mengevaluasi kemajuan proyek sebagai dasar pertimbangan apakah mereka akan mempertahankan aset kripto mereka atau menukarnya ke aset kripto lain.


Mencegah Adanya Pump and Pumpers 

Hal itu cukup tergambarkan dari data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan yang melaporkan total nilai transaksi kripto di Indonesia mencapai Rp296,64 triliun pada periode Januari - November 2022. Jumlah tersebut turun drastis sebesar 65,45 persen dibandingkan dengan nilai transaksi kripto di Indonesia periode Januari – November 2021 sebesar Rp858,76 triliun.

Pump and pumpers adalah istilah dalam investasi yang menggambarkan kondisi orang dalam atau investor institusional membeli proyek dengan harga murah kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. 

Karena jumlah aset yang diperjualbelikan investor sangatlah besar, maka mereka dapat dengan mudah memanipulasi pasar sesuai keinginan mereka.

Adanya sistem vesting crypto dapat memaksa pihak-pihak bersangkutan untuk tidak melakukan tindakan tersebut dan meminimalisir risiko manipulasi pasar. Tentu saja, hal ini akan menguntungkan investor yang terlibat dalam proyek tersebut pula. (Rinaldi Mohammad Azka)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.