Sesumbar Jokowi Terapkan Cukai Plastik dan Minuman Manis 2024!

Pengenaan cukai plastik dan minuman manis terus tertunda selama beberapa tahun. Namun, Kementerian Keuangan memberikan sinyal bahwa ekstensifikasi cukai itu akan berlaku pada 2024, setelah penerapannya tertuang dalam nota keuangan 2024.

Rinaldi Azka

27 Agt 2023 - 18.09
A-
A+
Sesumbar Jokowi Terapkan Cukai Plastik dan Minuman Manis 2024!

Pembeli sedang memilih produk makanan dan minuman di salah satu gerai di Jakarta./BISNIS

Bisnis, JAKARTA - Pengenaan cukai plastik dan minuman manis terus tertunda selama beberapa tahun. Namun, Kementerian Keuangan memberikan sinyal bahwa ekstensifikasi cukai itu akan berlaku pada 2024, setelah adanya komunikasi dengan DPR.

Enam tahun sudah mandat implementasi cukai plastik muncul, tetapi pemerintah belum kunjung menerapkannya. Amanat pengenaan cukai minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) sejak 2021 juga tidak kunjung berlaku.

Sejatinya, pengenaan cukai plastik menjadi instrumen untuk menekan konsumsi plastik sekali pakai sehingga mengurangi dampaknya bagi lingkungan. Adapun, cukai minuman manis dapat menjaga konsumsi gula demi menjaga kesehatan masyarakat.

Setelah lama tidak terdengar perkembangannya, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani buka suara soal kemungkinan pengenaan cukai plastik dan minuman manis pada tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Sesumbar Jokowi Terapkan Cukai Plastik dan Minuman Manis 2024!

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.