Setoran Dividen Himbara Terancam Melemah di 2024

Semakin besar pencadangan untuk mengantisipasi restrukturisasi utang dari BUMN Karya, tekanan ekonomi, dan kebijakan OJK untuk membatasi setoran dividen bank, berpotensi memangkas kemampuan bank BUMN dalam menyetor dividen tahun depan, meskipun pemerintah justru menaikkan target.

Arlina Laras, Dionisio Damara & Emanuel Berkah Caesario

17 Sep 2023 - 11.57
A-
A+
Setoran Dividen Himbara Terancam Melemah di 2024

Ilustrasi dividen. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Dividen yang akan disetorkan bank-bank BUMN atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) pada 2024 mendatang dari laba tahun ini diperkirakan akan menurun, terlepas dari faktor pengaturan pembagian dividen bank yang tengah digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

OJK memang tengah mempersiapkan regulasi untuk mengatur pembagian dividen kalangan bank yang selama ini dinilai cukup berlebihan, terutama dari kalangan bank BUMN. OJK khawatir pembagian dividen yang berlebihan bakal mengurangi ketahanan bank dalam meredam risiko.

Di sisi lain, pemerintah menargetkan setoran dividen yang lebih besar tahun depan dari laba tahun ini. Pemerintah bahkan baru saja menaikkan lagi target setoran dividen tahun depan menjadi Rp85,5 triliun, dari semula Rp80,8 triliun dalam RUU APBN 2024.

Keputusan peningkatan tersebut ditetapkan dalam rapat Bersama Kementerian Keuangan dan Panja A Badan Anggaran DPR RI pekan lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.