Setumpuk Peluang Penopang Asa Perbankan

Bayang-bayang kenaikan suku bunga acuan berpotensi mengganggu bisnis perbankan dalam jangka pendek hingga menengah. Meski demikian, masih ada sejumlah sentimen positif yang berpotensi menopang kinerja industri perbankan tetap di jalur pertumbuhan.

Emanuel Berkah Caesario

12 Okt 2022 - 17.18
A-
A+
Setumpuk Peluang Penopang Asa Perbankan

Ilustrasi bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Masih banyak alasan untuk optimistis bahwa kinerja industri perbankan bakal tetap stabil, kendati dibayangi oleh pelemahan permintaan kredit dan kenaikan risiko kredit bermasalah akibat meningkatnya suku bunga acuan.

Tantangan utama yang membayangi perbankan ketika terjadi kenaikan suku bunga acuan adalah pelemahan permintaan kredit. Hal ini lantaran suku bunga kredit cenderung akan ikut meningkat mengikuti naiknya suku bunga acuan, sehingga beban keuangan debitur meningkat.

Hal ini berpotensi menahan gairah debitur dalam meminta kredit baru dari perbankan. Jadi, meskipun kenaikan bunga dapat memperbesar margin keuntungan bank, volume pendapatan justru berkurang karena laju penyaluran kredit baru yang melambat.

Selain itu, naiknya suku bunga juga berpotensi mengganggu kemampuan debitur dalam memenuhi kewajiban utangnya yang sudah terlanjur berjalan. Ditambah lagi dengan risiko pelemahan daya beli hingga resesi ekonomi, tantangan peningkatan rasio nonperforming loan (NPL) menjadi kian meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Setumpuk Peluang Penopang Asa Perbankan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.