Shadow Economy di Tengah Pesta Demokrasi

Alih-alih melahirkan efek berganda besar, agenda politik tahun ini justru memupuk praktik shadow economy.

Tegar Arief Fadly

15 Feb 2024 - 14.34
A-
A+
Shadow Economy di Tengah Pesta Demokrasi

Petugas tengah mengangkut kotak suara Pemilu 2024./BISNIS-FNY

Bisnis, JAKARTA - Pesta demokrasi telah digelar. Seperti siklus lima tahunan biasanya, asa lahirnya efek pemilihan umum terhadap ekonomi pun sangat tinggi, meski secara historis hal itu sangat kontradiktif. Alih-alih melahirkan efek berganda besar, agenda politik tahun ini justru memupuk praktik shadow economy.

Secara teori, makna dari shadow economy sangatlah luas. Bisa diartikan sebagai aktivitas perekonomian yang luput dari radar negara sehingga tidak tercatat dalam komponen pertumbuhan.

Ada pula makna bahwa shadow economy merupakan aktivits ilegal seperti penyelundupan, transaksi barang terlarang, hingga transaksi uang mencurigakan alias hasil dari praktik tindak pidana.

Aktivitas ekonomi yang dilakukan secara legal bisa tergolong ke dalam shadow economy apabila penghasilan dari kegiat­an tersebut tidak dilaporkan kepada otoritas pajak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.