Free

Shell Gandakan Kapasitas Produksi Pabrik Pelumas di Marunda

Shell Indonesia (Shell) meresmikan perluasan kapasitas pabrik pelumas Marunda (Marunda Lubricants Oil Blending Plant/ LOBP) di Bekasi untuk memenuhi permintaan akan produk pelumas premium yang terus meningkat di Indonesia.

Fatkhul Maskur

11 Nov 2022 - 19.30
A-
A+
Shell Gandakan Kapasitas Produksi Pabrik Pelumas di Marunda

Pabrik baru ini didukung dengan penerapan berbagai teknologi kelas dunia, seperti peralatan pencampuran mutakhir (cutting-edge blending equipment), mesin pengisian berkecepatan tinggi (high-speed filling lines), dan Automatic Mobile Robot (AMR). Foto Shell

Bisnis, BEKASI − Shell Indonesia (Shell) meresmikan perluasan kapasitas pabrik pelumas Marunda (Marunda Lubricants Oil Blending Plant/ LOBP) di Bekasi untuk memenuhi permintaan akan produk pelumas premium yang terus meningkat di Indonesia.

Pabrik pelumas pertama Shell di Marunda (LOBP Marunda) dibangun pada November 2015 dengan kapasitas produksi 136 juta liter per tahun. Adapun investasi untuk proyek ekspansi LOBP Marunda (Proyek Marunda 2.0) diumumkan pada Maret 2020.

Dengan ekspansi kapasitas itu, LOBP Marunda diharapkan dapat memproduksi 300 juta liter pelumas per tahun, dari sebelumnya memiliki kapasitas produksi 136 juta liter per tahun.

Proyek Marunda 2.0 adalah proyek brownfield yang dijalankan di pabrik yang tetap menjalankan kegiatan operasional dalam kondisi sangat menantang. Proyek ini mencakup pembuatan 40 tangki baru berkapasitas 21.000 m3, peningkatan kapasitas pencampuran, dan pemasangan empat mesin pengisian baru mutakhir berkinerja tinggi.

Pabrik baru ini didukung dengan penerapan berbagai teknologi kelas dunia, seperti peralatan pencampuran mutakhir (cutting-edge blending equipment), mesin pengisian berkecepatan tinggi (high-speed filling lines), dan Automatic Mobile Robot (AMR) – sebuah sistem robot pintar yang mampu menurunkan, menempatkan, dan menyusun produk pelumas dari mesin pengisian kemasan untuk membantu proses pemuatan pada truk.

Sebagai bagian dari strategi Powering Progress Shell untuk mengurangi emisi dari kegiatan operasional, pabrik ini dilengkapi dengan berbagai fitur keberlanjutan yang meliputi instalasi panel surya dan sistem penampungan air hujan (rainwater harvesting system) untuk membantu mengurangi konsumsi air. Sistem ini menghasilkan 1,1 juta KWh listrik per tahun dan akan memasok 35% dari keseluruhan konsumsi daya LOBP Marunda.

Machteld De Haan, Executive Vice President Global Lubricants Shell, menyampaikan bahwa Indonesia adalah pasar pertumbuhan utama bagi Shell dan investasi perluasan pabrik LOBP di Marunda merupakan bentuk kepercayaan terhadap pasar Indonesia. 

"Pelumas merupakan elemen penting yang dapat mendorong pertumbuhan berkesinambungan di Indonesia, dan perluasan pabrik ini akan memperkuat rantai pasokan kami sehingga mampu melayani lebih banyak konsumen secara lebih cepat dan berkelanjutan,” katanya, Jumat (11/11/2022).

LOBP Marunda akan terus memproduksi beragam produk pelumas terkemuka dari Shell, yaitu Shell Helix (pelumas mesin mobil), Shell Advance (pelumas motor), Shell Rimula (pelumas mesin diesel heavy duty), Shell Spirax (pelumas transmisi), dan pelumas industri lainnya. 

Produk-produk ini akan mendukung kebutuhan pelumas untuk kendaraan bermotor dan sejumlah sektor lainnya seperti pertambangan, pembangkit listrik, transportasi, dan pembangunan infrastruktur yang berkembang di Indonesia.

Kebutuhan pelumas terbesar di Indonesia datang dari sektor otomotif, industri, dan kelautan. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan bahwa terdapat lebih dari 800.000 kendaraan baru yang terjual pada 2021. Sementara, data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan bahwa lebih dari 5 juta unit motor telah terjual di Indonesia pada periode yang sama.

“Kami memberikan apresiasi atas komitmen Shell untuk memperluas investasi di Indonesia dan berinovasi untuk membantu ketersedian pelumas serta menopang pertumbuhan perekonomian nasional," kata Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi Kemenperin Saiful Bahri pada acara peresmian ekspansi pabrik pelumas Shell.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.