ShyTech Display, Sihir Pendamping Bikin Pengemudi Selalu Awas

Continental telah mengembangkan ShyTech Display: layar yang hanya muncul saat dibutuhkan seolah-olah dengan sihir.

Fatkhul Maskur

3 Nov 2021 - 21.15
A-
A+
ShyTech Display, Sihir Pendamping Bikin Pengemudi Selalu Awas

Tampilan ShyTech dari Continental memungkinkan era baru desain kendaraan murni dan pengalaman pengguna. - Foto Continental

Bisnis, JAKARTA - Continental menghadirkan solusi tampilan inovatif yang secara cerdas mendukung pengemudi dalam mengawasi semua informasi penting setiap saat: layar ShyTech. 

Di dalam kendaraan modern, terhubung, dan di masa depan, semakin otomatis, itu sejumlah besar informasi diproses dan ditampilkan. Untuk memvisualisasikan banjir informasi ini, layar yang semakin besar itu dibangun ke dalam mobil. 

Namun, tidak setiap pesan yang ditampilkan relevan dalam setiap situasi. Bahkan dapat menyebabkan gangguan dan membahayakan keselamatan berkendara. Di sisi lain, tampilan besar tanpa konten tidak berkontribusi pada desain kokpit yang harmonis.

Sebagai alternatif dari desain tampilan besar yang terlihat, Continental telah mengembangkan ShyTech Display: layar yang hanya muncul saat dibutuhkan seolah-olah dengan sihir.

Ide di baliknya itu adalah kesederhanaan dan kejelasan. Solusinya tidak hanya menciptakan faktor wow, tetapi juga meningkatkan keramahan pengguna dan meningkatkan keamanan saat mengemudi, karena potensi gangguan sebenarnya tersembunyi. 

“Tampilan adalah pusat antarmuka manusia-mesin di dalam kendaraan,” kata Ulrich Lüders, Kepala Strategi dan Portofolio di unit bisnis Antarmuka Mesin Manusia di Continental, Rabu (3/11/2021). 

Desain solusi tampilan memainkan peran sentral dalam desain kokpit. Pajangan ShyTech menandai awal dari era baru dan bagi Continental itu adalah lambang kokpit masa depan : digital, imersif, dan 'pemalu'.

Fokus Tampilan 

Tampilan ShyTech berfokus pada hal-hal penting. Dengan ShyTech Display, Continental melayani permintaan solusi layar lebar yang semakin meningkat, yang semakin menjadi standar, terutama di segmen kendaraan kelas atas (kelas menengah atas, kelas mewah, model gaya hidup). Jika perlu, layar ShyTech dapat menempati seluruh lebar dasbor. 

Mengingat tren menuju apa yang disebut layar mega ini, para pengembang Continental mengajukan dua pertanyaan penting kepada diri mereka sendiri: Bagaimana kelebihan sensorik penumpang kendaraan dapat dicegah meskipun monitor sangat besar? Dan: Bagaimana tampilan area yang tidak digunakan dalam situasi tertentu dapat ditingkatkan secara optik? 

Solusi dari para inovator di Continental: ShyTech Displays. Ini hanya terlihat saat dibutuhkan. Hal ini dimungkinkan oleh permukaan semi-transparan yang dengannya layar dapat diintegrasikan dengan cantik ke permukaan sekitarnya, secara visual maupun haptik. 

Jika tampilan tidak diperlukan, praktis tidak terlihat oleh mata manusia. Pada saat yang sama, Continental mengejar pendekatan desain interior murni yang direduksi menjadi esensial.

Secara khusus, ini berarti bahwa meskipun dasbor tampak "seolah-olah dibuat dari satu bagian", informasi navigasi atau komunikasi, misalnya, serta menu di layar sentuh selalu tersedia. 

Namun, tampilan dan kontrol layar hanya diaktifkan saat tangan mendekat. Anda juga dapat mengaktifkan tampilan melalui kontrol suara atau dengan mengetuk permukaan layar sebentar.

Area Kosong

Dengan teknologi ShyTech, Continental juga telah memecahkan persyaratan desain bahwa layar yang dimatikan tampak sebagai area kosong hitam yang tidak menarik secara visual. 

Permukaan layar dirancang untuk meniru tampilan dasbor. Tergantung pada konfigurasinya, ini dapat berupa, misalnya, panel kayu, panel karbon, atau permukaan berlapis kulit. Selain itu, tidak hanya terlihat seperti bahan aslinya, tetapi juga terasa seperti itu. 

Berkat inovasi ShyTech, layar dapat ditempatkan secara praktis di mana saja di interior. "Ini memungkinkan desain interior yang tenang dan rapi di mana banyak fungsi baru dapat diintegrasikan pada saat yang sama - tanpa membebani penghuninya," kata Ulrich Lüders, Kepala Strategi dan Portofolio di unit bisnis Antarmuka Mesin Manusia di Continental. 

Selain itu, pantulan cahaya yang mengganggu, misalnya saat matahari terbenam, berkurang. "Dengan demikian, ShyTech memungkinkan pengalaman pengguna yang positif dan holistik dengan desain yang menakjubkan, yang pada saat yang sama mengurangi potensi sumber gangguan di dalam kendaraan," kata Luders.

Konsep sistem yang dikembangkan oleh Continental memastikan integrasi tanpa batas dari tampilan ShyTech bahkan saat diaktifkan. Sistem ini, antara lain, terdiri dari lampu latar khusus, yang, dalam koordinasi khusus dengan panel LCD dan permukaan dekoratif, memungkinkan konten tampilan muncul dalam kecerahan dan ketajaman yang ideal dalam setiap situasi cahaya - mulai dari sinar matahari yang menyilaukan hingga cuaca hujan yang mendung.

Indikasi layar yang sangat tajam juga mengesankan dengan nilai kontrasnya yang tinggi. 

Continental akan meluncurkan ShyTech Display pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.