Siap-Siap, Walau Melandai, Suku Bunga The Fed Bakal Naik Lagi

Walau kenaikan suku bunga diprediksi melandai, "hanya" 50 basis poin dibandingkan kenaikan 75 basis poin sebelumnya, negara-negara berkembang dan pasar emerging market harus bersiap mengantisipasinya.

Saeno

28 Nov 2022 - 17.41
A-
A+
Siap-Siap, Walau Melandai, Suku Bunga The Fed Bakal Naik Lagi

The Fed diprediksi akan menaikkan suku bunga sebesar 50 bps pada Desember mendatang, namun Powell masih berpeluang mempengaruhi kebijakan tersebut.federalreserve.gov

Bisnis, JAKARTA – Meski mengerem agresivitas, bank sentral Amerika Serikat diprediksi kembali menaikkan suku bunga pada Desember 2022. Walau kenaikan suku bunga diprediksi melandai, "hanya" 50 basis poin dibandingkan kenaikan 75 basis poin sebelumnya, negara-negara berkembang dan pasar emerging market harus bersiap mengantisipasinya.  

Sebelumnya, kenaikan suku bunga The Fed  mendorong terjadinya capital flight, salah satunya terjadi di pasar obligasi Indonesia.

Menjelang pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengisyaratkan bahwa The Fed akan memperlambat laju kenaikan suku bunga acuan. Berdasar agenda, pertemuan FOMC akan berlangsung Desember 2022.

Sebelumnya, beredar prediksi bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin, lebih rendah dari kenaikan suku bunga sebelumnya. Sikap The Fed yang tidak seagresif sebelumnya dikaitkan dengan upaya meredam dampak yang terlalu besar dan bisa memperparah kondisi inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.