Siasat Amran Kerja Peningkatan Produksi Padi Tahun Depan

Kementerian memperhitungkan curah hujan untuk memulai masa tanam baru pada pertengahan November untuk target panen Februari mendatang.

Redaksi

13 Nov 2023 - 19.52
A-
A+
Siasat Amran Kerja Peningkatan Produksi Padi Tahun Depan

Kekeringan di area pertanian saat El Nino./Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Kurang dari dua bulan, Kementerian Pertanian bakal menggelontorkan anggaran hingga Rp1 triliun guna meningkatkan produktivitas pertanian terutama padi dan jagung di sisa tahun dengan mempercepat musim tanam untuk mengantisipasi kekeringan pada 2024.

Anggaran tersebut rencananya akan digunakan untuk pengadaan henih jagung dengan luasan 200.000 hektare, sarana produksi pertanian jagung di 150.000 hektare. Kemudian pengadaan benih padi untuk 150.000 hektare bersamaan dengan sarana produksi pertanian seluas 100.000 hektare.

Di luar itu, Kementerian Pertanian membanyak pengadaan alat dan mesin pertanian untuk kebutuhan pascapanen berupa combine harvester besar sebanyak 754 unit bersama dengan satu paket koordinasi pendampingan. Seluruh pengadaan di atas berfokus pada Dirjen Tanaman Pangan dengan total anggaran Rp934 miliar.

Sisanya yakni sebesar Rp66 miliar dialokasikan ke Badan Standardisasi Instrumen Pertanian untuk bimbingan teknis dan Badan PPSDM Pertanian untuk insentif penyuluh dan bimbingan teknis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Siasat Amran Kerja Peningkatan Produksi Padi Tahun Depan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.