Siasat Bank Kecil Dalam Bayang-bayang Pengetatan Likuiditas

Likuiditas bakal menjadi tantangan yang berat bagi bank kecil di 2023. Naiknya suku bunga simpanan bank besar serta ancaman peningkatan NPL bank kecil akibat gejolak ekonomi, berpotensi mendorong peralihan DPK dari bank kecil ke bank besar. Bank kecil pun bersiap dengan strateginya masing-masing.

Emanuel Berkah Caesario

1 Jan 2023 - 14.00
A-
A+
Siasat Bank Kecil Dalam Bayang-bayang Pengetatan Likuiditas

Ilustrasi likuiditas. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkirakan bahwa likuiditas akan menjadi tantangan bagi industri perbankan pada 2023. Kondisi ini bakal sangat memberatkan bagi kalangan bank kecil. Mau tidak mau, strategi yang matang pun harus segera dipersiapkan.

Tantangan likuditas bakal terjadi seiring dengan pertumbuhan kredit yang kini cenderung lebih tinggi ketimbang pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK).

Di sisi lain, sinyal ketidakpastian ekonomi membuka ruang bagi peningkatan kredit bermasalah, yang akhirnya mengganggu arus kas bank dan berimbas pada ketatnya likuiditas.

Berdasarkan data LPS, sejak awal 2022 hingga Agustus lalu, loan to deposit ratio (LDR) bank tercatat mengalami kenaikan secara bertahap. Desember 2021, misalnya, LDR bank berada di level 77,13 persen. Angka itu kemudian merangkak naik hingga mencapai 81,43 persen per Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Siasat Bank Kecil Dalam Bayang-bayang Pengetatan Likuiditas

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.