Siasat Bank Memacu KPR Segmen Milenial

Kalangan perbankan menyadari besarnya potensi dan tantangan pembiayaan rumah bagi segmen milenial saat ini. Untuk itu, bank pun mulai mempersiapkan skema KPR yang terjangkau bagi milenial dan menjadikannya fokus utama dalam memacu segmen KPR tahun ini.

Emanuel Berkah Caesario

9 Mei 2022 - 19.37
A-
A+
Siasat Bank Memacu KPR Segmen Milenial

Pekerja sedang menggarap proyek perumahan yang dibiayai oleh BTN. /Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — Kalangan perbankan makin gencar mengincar generasi milenial sebagai target utama pemasaran produk kredit konsumtif pemilikan rumah atau KPR tahun ini. Kendati daya beli generasi ini belum sekuat generasi yang terdahulu, potensi pasar terbesar justru ada di kelompok usia mereka.

Berdasarkan Hasil Sensus Penduduk 2020 menunjukkan pendudukan Indonesia didominasi oleh generasi Z atau Gen Z (27,94 persen) dan milenial (25,87 persen). Merujuk data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 2019, sebanyak 31 persen milenial diperkirakan belum memiliki rumah.

Kemudian, data Kemenag 2021 menunjukkan terdapat 1,8 juta angka pernikahan baru setiap tahun. Adapun, data Perumnas menunjukkan kemampuan harga hunian milenial berada di kisaran Rp200 juta sampai dengan Rp400 juta.

Kendati data-data tersebut dikumpulkan beberapa tahun lalu, kondisinya tampaknya belum banyak berubah hingga awal tahun ini. Data-data tersebut menunjukkan adanya persoalan dan mendesaknya kehadiran program perumahan yang dapat terjangkau oleh milenial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Siasat Bank Memacu KPR Segmen Milenial

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.