Siasat Bank Milik Crazy Rich Topang Kinerja

Sejauh ini bank konglomerat mengandalkan ekosistem untuk bersaing, meskipun pada awal tahun ini tidak seluruhnya memiliki kinerja moncer.

Arlina Satiti Mugi Laras & Fahmi Ahmad Burhan

10 Mei 2024 - 19.44
A-
A+
Siasat Bank Milik Crazy Rich Topang Kinerja

Ilustrasi perbankan dan sistem keuangan

Bisnis.com, JAKARTA—  Meskipun sejumlah bank milik konglomerat melaporkan kinerja keuangan yang kurang begitu memuaskan pada awal tahun ini, namun dukungan ekosistem grup usaha dapat menjadi tenaga yang membuat aktivitas perbankan lebih aktif di tengah persaingan suku bunga.

Bank-bank besar milik konglomerat Tanah Air seperti PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) milik Hartono Bersaudara hingga PT Bank Ina Perdana Tbk. (BINA) milik Anthoni Salim telah merilis kinerja keuangannya pada tiga bulan pertama alias kuartal I/2024, namun tidak semuanya memiliki kinerja yang memuaskan.

Misalnya saja, PT Bank Mega Tbk. (MEGA) milik Chairul Tanjung mencatatkan penurunan laba 18,55% YoY menjadi Rp802,51 miliar pada kuartal I/2024, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya dengan laba Rp985,38 miliar.

PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo juga telah meraup laba bersih Rp14,84 miliar pada kuartal I/2024, turun 31,98% YoY dibandingkan dengan laba bersih pada kuartal I/2023 sebesar Rp21,83 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.