Siasat Bank Salurkan KPR Meski Suku Bunga Meningkat

Kalangan perbankan mengupayakan berbagai strategi untuk menjaga penyaluran KPR tetap lancar, meskipun tren suku bunga KPR terus meningkat.

Fahmi Ahmad Burhan & Emanuel Berkah Caesario

30 Jun 2023 - 18.43
A-
A+
Siasat Bank Salurkan KPR Meski Suku Bunga Meningkat

Ilustrasi KPR. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Meski laju kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia sudah tertahan, transmisinya pada suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) masih berlanjut. Kondisi ini menjadikan beban pembelian properti baru bagi nasabah bakal meningkat. Menyiasati itu, bankir pun berlomba memberikan pemanis.

Suku bunga kredit perbankan, termasuk pada KPR tercatat masih mengalami tren peningkatan meski Bank Indonesia (BI) menahan laju suku bunga acuannya lima kali beruntun pada tahun ini.

Suku bunga acuan BI telah mengalami tren peningkatan sebesar 225 basis poin (bps) sejak pertengahan tahun lalu. BI kemudian menahan laju suku bunga acuannya lima kali berturut-turut pada tahun ini di level 5,75 persen.

Namun, suku bunga kredit bank tetap tinggi. Berdasarkan laporan asesmen BI, suku bunga kredit baru rupiah per Mei 2023 mencapai 9,8 persen, naik 34 bps secara bulanan (month-on-month/MoM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.