Siasat Bank Tangkal Pengetatan Likuiditas Lewat Emisi Obligasi

Sejumlah bank telah mempersiapkan rencana penerbitan surat utang tahun 2024 mendatang sebagai strategi untuk menjaga kondisi likuiditasnya.

Fahmi Ahmad Burhan

7 Des 2023 - 16.20
A-
A+
Siasat Bank Tangkal Pengetatan Likuiditas Lewat Emisi Obligasi

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah bank mulai membuka opsi untuk melakukan penerbitan instrumen surat utang atau obligasi pada 2024 mendatang guna menopang kecukupan likuiditas untuk memacu kredit, terutama di tengah tren pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) yang kini cenderung melambat.

Indikasi pengetatan likuiditas di industri perbankan sudah mulai terlihat, meski belum mencapai taraf yang mengkhawatirkan. Hal ini terlihat dari data Bank Indonesia yang menunjukkan pertumbuhan DPK per Oktober 2023 yang hanya 3,43% year-on-year (YoY), padahal bulan sebelumnya masih tumbuh 6,54% YoY.

Tingkat pertumbuhan DPK ini jauh lebih lambat ketimbang kredit yang justru makin pesat. Per Oktober 2023, pertumbuhan kredit industri perbankan mencapai 8,99% YoY, meningkat dibanding pertumbuhan pada September 2023 yang sebesar 8,69% YoY.

Kondisi ini berbalik dibandingkan dengan periode awal pandemi. Kala itu, industri perbankan sempat mencatatkan pertumbuhan kredit di level negatif, sedangkan DPK justru tumbuh pesat hingga dua digit. Seiring membaiknya kondisi ekonomi pascapandemi, kini masyarakat cenderung lebih memilih membelanjakan uangnya ketimbang ditabung di bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Siasat Bank Tangkal Pengetatan Likuiditas Lewat Emisi Obligasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.