Siasat Baru Jokowi Amankan Pasokan Beras Dalam Negeri

Indonesia berencana mengakuisisi perusahaan berasal Myanmar untuk mengamankan pasokan beras di Tanah Air. Sejauh mana rencana ini dapat terealisasi?

Ni Luh Anggela & Akbar Evandio

11 Jun 2024 - 19.43
A-
A+
Siasat Baru Jokowi Amankan Pasokan Beras Dalam Negeri

Buruh mengangkut karung beras di Pasar Induk Beras Cipinang Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah mulai mengatur kuda-kuda mengakuisisi perusahaan beras asal Kamboja untuk memastikan pasokan pangan utama itu tercukupi di dalam negeri.

Rencana itu keluar dari mulut Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (10/6/2024). Dia menginstruksikan Perum Bulog untuk memperluas jangkauan bisnis dengan mengakuisisi perusahaan di Kamboja.  

“Itu proses bisnis yang akan dilakukan oleh Bulog sehingga memberikan kepastian stok cadangan beras negara kita dalam posisi stok yang aman. Daripada beli, ya lebih bagus investasi,” katanya di sela peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-52 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Jakarta.

Burma menjadi salah satu negara produsen beras terbesar di dunia. Pada musim 2023/2024, negara itu diproyeksi mampu memproduksi 11,95 juta ton beras giling, naik 1% dari musim sebelumnya. Sementara itu, luas panen diperkirakan naik 1% dibandingkan periode sebelumnya menjadi 6,86 juta hektar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.