Siasat Bertahan Sambil Memarkir Pulang Devisa Hasil Ekspor

Mulai 1 Maret 2023 dana hasil ekspor wajib diparkir di dalam negeri selama tiga bulan. Dengan masuknya dolar hasil ekspor ke dalam negeri, diharapkan benteng pertahanan sistem keuangan dalam menahan gejolak global bisa semakin tebal.

Saeno

20 Feb 2023 - 14.56
A-
A+
Siasat Bertahan Sambil Memarkir Pulang Devisa Hasil Ekspor

Ilustrasi- Aktivitas ekspor. Pemerintah sedang menyiapkan stimulus untuk menarik minat eksportir memarkir dana hasil ekspornya di dalam negeri./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah sungguh-sungguh mengusahakan agar devisa hasil ekspor bisa diparkir pulang ke Indonesia. Mulai 1 Maret 2023 dana hasil ekspor wajib diparkir di dalam negeri selama tiga bulan. Dengan masuknya dolar hasil ekspor ke dalam negeri, diharapkan benteng pertahanan sistem keuangan dalam menahan gejolak global bisa semakin tebal.

Ibarat sistem pertahanan total dalam laga sepakbola, dengan banyak “bus” diparkir di kotak penalti maka peluang gawang kebobolan menjadi semakin kecil. Apalagi, jika pemerintah dan otoritas moneter mampu menutup celah yang masih terbuka agar tidak mudah dibobol gejolak ekonomi global. 

Sebagai penunjang atas kewajiban memarkir dana hasil ekspor atau DHE tersebut, sedang disiapkan insentif oleh pemerintah. 

Sementara itu, Bank Indonesia telah mengawali upaya memanggil DHE untuk diparkir di dalam negeri dalam bentuk kebijakan moneter. BI memberikan insentif kepada perbankan serta eksportir yang menyimpan dana hasil ekspornya di dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Siasat Bertahan Sambil Memarkir Pulang Devisa Hasil Ekspor

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.