Siasat Industri Farmasi Hadapi Rupiah Terdepresiasi

Industri farmasi menjadi salah satu sektor paling rentan terdampak pelemahan rupiah terhadap dolar AS. Sebab, sekitar 90 persen bahan baku farmasi masih diimpor. Kalangan pabrikan telah menyiapkan strategi.

Afiffah Rahmah Nurdifa

10 Okt 2023 - 15.08
A-
A+
Siasat Industri Farmasi Hadapi Rupiah Terdepresiasi

Change Source menargetkan penggantian 8 dari 10 bahan baku obat yang paling banyak digunakan berupa Parasetamol, Omeprazol, Atorvastatin, Clopidogrel, Amlodipin, Candesartan, Bisoprolol, dan Azitromisin. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA - Industri farmasi menjadi salah satu sektor paling rentan terdampak pelemahan rupiah terhadap dolar AS. Sebab, sekitar 90 persen bahan baku farmasi masih diimpor. Kalangan pabrikan telah menyiapkan strategi.

Direktur Eksekutif Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia (GPFI) Elfiano Rizaldi mengatakan pelemahan rupiah baru saja terjadi sehingga dampaknya belum dirasakan oleh industri farmasi.

"Belum [berasa dampaknya], karena pelemahan rupiah baru terjadi dan level ini juga seperti pada akhir 2022 dan awal 2023 yang lalu," kata Elfiano, Senin (9/10/2023).

Kendati demikian, pelaku industri telah menyiapkan strategi dengan melakukan hedging atau lindung nilai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Siasat Industri Farmasi Hadapi Rupiah Terdepresiasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.