Siasat Industri Furniture Menghadapi Lesu Ekspor

Ekspor produk furnitur Indonesia pada tahun ini diperkirakan turun 3 persen dari tahun lalu. Penurunan terjadi sebagai efek domino dari memburuknya perekonomian Amerika Serikat (AS) dan Eropa karena resesi ekonomi.

Fatkhul Maskur

11 Nov 2022 - 15.00
A-
A+
Siasat Industri Furniture Menghadapi Lesu Ekspor

Industri Furniture. Ordernya berhenti. - BisnisIndonesia.ID

Bisnis, JAKARTA- Ekspor produk furnitur Indonesia pada tahun ini diperkirakan turun 3 persen dari tahun lalu. Penurunan terjadi sebagai efek domino dari memburuknya perekonomian Amerika Serikat (AS) dan Eropa karena resesi ekonomi. 

Mengacu kepada data Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Negeri Paman Sam merupakan pasar tujuan ekspor terbesar produk furnitur Indonesia dengan nilai mencapai US$1,36 miliar pada 2021, atau 54 persen dari seluruh pangsa ekspor furnitur RI. 

Selebihnya, mayoritas produk furnitur RI diekspor ke Eropa, di antaranya Belanda senilai US$125,17 juta (5 persen), Jerman US$96,51 juta (3,8 persen), Belgia US$89,91 juta (3,6 persen), Inggris US$77,63 juta (3,1 persen), Prancis US$60,62 juta (2,4 persen), dan Spanyol US$30,18 juta (1,2 persen). 

Total, nilai ekspor produk furnitur Indonesia pada 2021 mencapai US$3,47 miliar atau naik sebesar 27,23 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Angka tersebut merupakan pertumbuhan tertinggi selama 10 tahun terakhir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.