Siasat JRPT Tarik Minat Konsumen Beli Rumah di Tengah Guyuran PPN DTP

Dampak insentif pemotongan PPN luar biasa karena pada periode November - Desember 2023 dimana terdapat 13 unit yang dijual memanfaatkan free PPN

Yanita Petriella

11 Mar 2024 - 00.46
A-
A+
Siasat JRPT Tarik Minat Konsumen Beli Rumah di Tengah Guyuran PPN DTP

Ilustrasi Jual Beli Rumah. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Pengembang properti memanfaatkan momentum insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP)

Salah satunya PT Jaya Real Property Tbk (JRPT) membangun hunian perumahan Serpong Jaya 30 hektare di Jalan Raya Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. 

Marketing Manager Serpong Jaya Maulana Farizil mengatakan insentif PPN DTP cukup mendorong penjualan properti di tahun ini. 

Menurutnya, dampak insentif pemotongan PPN luar biasa karena pada periode November - Desember 2023 dimana terdapat 13 unit yang dijual memanfaatkan free PPN. 

Untuk menarik peminat program insentif PPN DTP di tahun ini, pengembang memberikan tambahan potongan harga senilai Rp189 juta untuk pembelian produk hunian rumah tapak siap huni (ready stock) tipe Nora @The Garden dan beberapa tipe lain di klaster The Symphony.

“Program ini kami lansir untuk menangkap kebutuhan milenial yang mendambakan hunian yang modern, asri, nyaman, dan berada di lokasi strategis di wilayah Serpong, yang dekat dengan BSD – Gading Serpong tapi dengan affordable price and size,” ujarnya dalam keterangan, Minggu (10/3/2024). 

Dia menilai saat ini menjadi waktu yang tepat membeli hunian di Serpong. Terlebih, program yang disediakan pengembang akan memberikan kemudahan konsumen dalam membayar hunian karena mendapatkan insentif PPN DTP dan diskon dari developer. 

“Jadi mayoritas konsumen beli tunai keras atau KPR dengan DP ekspres satu kali bayar hanya di bulan tersebut,” ucapnya. 

Baca Juga: Pasar Rumah Tapak Makin Bergeliat Tersulut Insentif PPN DTP


Dia mencontohkan harga hunian Nora klaster The Garden Rp1,094 miliar dengan diskon 8% maka menjadi Rp1 miliar. Kemudian ditambah lagi free PPN 50% sehingga harga menjadi Rp956 juta. Selanjutnya, terdapat tambahan gratis biaya AJB dan BPHTB senilai Rp51 jutaan sehingga konsumen hemat total menjadi Rp189 jutaan. 

“Tanpa ada free pajak Tipe Nora sudah banyak permintaannya, kini ditambah lagi diskon harga plus gratis pajak. Harganya semakin turun menjadi Rp900 jutaan. Maka itu kami siapkan juga unit siap huninya di Desember tahun ini untuk mengejar batas serah terima rumah dengan pemanfaatan insentif tersebut,” tuturya. 

Kendati demikian, stok hunian tipe Nora sangat terbatas untuk dapat memanfaatkan insentif PPN DTP yakni hanya tersisa 3 unit. Hal ini karena lokasi di kawasan pusat pemerintahan Kota Tangerang Selatan dan tidak jauh dari BSD City dan Gading Serpong. Perumahan ini laris karena dekat dengan jalan tol JORR 2 selain tol JORR Ulujami (Jakarta Selatan)-Kembangan (Jakarta Barat), dan stasiun KRL Rawabuntu. 

Serpong Jaya yang dikembangkan sejak tahun 2013 sudah memasarkan 1.100 unit rumah dimana sebanyak 1.071 unit sudah dibangun dan sekitar 725 unit telah dihuni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.