Bisnis, JAKARTA – Tren belanja online selama pandemi Covid-19 mengalami peningkatan. Tren belanja online di Indonesia tampaknya tetap bergairah meski pandemi sudah mereda.
Belanja online merupakan sebuah tren yang meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut ditopang oleh kemudahan transaksi yang disediakan oleh berbagai macam platform.
Dalam laporan Knight Frank, Indonesia merupakan masuk dalam lima besar negara yang memiliki frekuensi belanja online terbesar secara global. Indonesia berada di posisi kelima sebagai negara dengan frekuensi belanja online yang tinggi dalam seminggu dan berada di kisaran 40 persen konsumen pada 2022. Angka ini naik dari jumlah konsumen belanja online yang hanya sekitar 22 persen setiap minggu, atau naik lima persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Terlebih pada momentum Ramadan dan Lebaran tahun ini, para pemain e-commerce semakin gencar berbenah untuk mempersiapkan ragam program dengan keunggulan yang ditawarkan. Dalam riset Snapcart Indonesia, sebanyak 98 persen responden tertarik untuk berbelanja online guna memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan.