Siasat Merah Putih Fund Hadapi Tekanan Tech Winter

Musim dingin industri teknologi dunia alias tech winter menuntut perusahaan modal ventura mengatur strategi baru demi tetap mendulang imbal hasil dari perusahaan rintisan dalam negeri.

Rayful Mudassir

4 Sep 2023 - 20.19
A-
A+
Siasat Merah Putih Fund Hadapi Tekanan Tech Winter

Bisnis, JAKARTA - Musim dingin industri teknologi dunia alias tech winter menuntut perusahaan modal ventura mengatur strategi baru demi tetap mendulang imbal hasil dari perusahaan rintisan dalam negeri. 

Tech winter setidaknya mulai terasa sejak 2022 di tengah langkah dunia memulai langkah pemulihan akibat pandemi Covid-19. Pada saat yang sama perkembangan industri teknologi atau digital mulai melandai. 

Secara sederhana, tech winter dimaknai sebagai situasi stagnan bagi perkembangan industri teknologi. Fenomena ini juga diikuti oleh berkurangnya minat investor untuk menyuntikkan dana kepada perusahaan rintisan. 

Laporan dari DealStreetAsia mengatakan aktivitas pendanaan di Indonesia telah mengalami penurunan bertahap dalam beberapa kuartal terakhir. Hal ini pula yang berkontribusi pada penurunan pendanaan di regional Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.