Siasat Pabrikan Truk Menghadapi Pasar Lesu

Menghadapi pasar yang melesu, kalangan pabrikan atau agen pemegang merek punya strategi beragam untuk tetap menjaga perfoma penjualannya.

Fatkhul Maskur

24 Apr 2024 - 19.46
A-
A+
Siasat Pabrikan Truk Menghadapi Pasar Lesu

Morowali merupakan daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia, Galian C dan hasil perkebunan kelapa sawit. Foto Bisnis

Bisnis, JAKARTA-Penjualan kendaraan tipe truk sepanjang kuartal pertama 2024 melesu. Pabrikan punya siasat menghadapinya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan penjualan mobil angkutan barang tipe truk pada 2024 mengalami penurunan, baik wholesales maupun ritel. Performa lini produksi juga merosot.

Sepanjang Januari-September 2024, realisasi penyerahan mobil truk ke tangan konsumen turun signifikan 34% dibandingkan dengan penjualan ritel pada periode yang sama tahun lalu 23.768 unit menjadi hanya 15.640 unit.

Sejalan dengan hal itu, volume pengiriman dari pabrikan ke jaringan dealer melambat signifikan 39% dibandingkan dengan wholesales pada periode yang sama tahun sebelumnya 24.635 unit menjadi hanya 15.077 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.