Siasat Tuna Indonesia Rajai Pasar Dunia

Meski Indonesia berpotensi menjadi eksportir utama dunia tetapi upaya peningkatan ekspor tuna masih menghadapi tantangan persoalan tarif ekspor, non tarif, hingga logistik.

Rustam Agus

21 Apr 2022 - 15.30
A-
A+
Siasat Tuna Indonesia Rajai Pasar Dunia

Ilustrasi ikan tuna, komoditas utama perikanan tangkap / Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Ekspor ikan tuna Indonesia masih menghadapi tantangan untuk menjadi pemasok utama pasar dunia meskipun kini tercatat menjadi negara produsen pertama di dunia dengan pangsa produksi mencapai 15 persen. 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat peningkatan produksi tuna, cakalang, dan tongkol Indonesia bahkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata produksi dunia.
 
"Produksi Indonesia mengalami kenaikan rata-rata 3,66 persen, lebih tinggi dari kenaikan rata-rata dunia sebesar 3,42 persen," tutur Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk KKP Erwin Diwayana
 
Saat ini Indonesia menjadi produsen tuna terbesar di dunia diikuti oleh Filipina dengan pangsa produksi 7,3 persen, Vietnam 6,6 persen, dan Ekuador 6,1 persen. “Produksi tuna terbesar di Indonesia dari jenis skipjack tuna dan yellowfin tuna.”
 
Sayangnya, lanjut Erwin, meskipun Indonesia kini menjadi produsen tuna terbesar di dunia tetapi belum mampu menjadi pengekspor tuna terbesar di pasar global.

Berdasarkan data ITC Trademap, Indonesia hanya menjadi eksportir tuna nomor enam dunia dengan pangsa pasar 5,33 persen pada tahun 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
company-logo

Lanjutkan Membaca

Siasat Tuna Indonesia Rajai Pasar Dunia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.