Siasat WIKA Keluar dari Jerat Tumpukan Utang & Kinerja Rugi

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) terus melakukan upaya perbaikan kinerja dari rugi menjadi laba. Pasalnya, total utang bank milik WIKA mencapai Rp13 triliun. WIKA pun mengatur strategi untuk menyehatkan kinerja keuangan, mulai dari divestasi hingga rights issue untuk PMN.

Redaksi

27 Nov 2023 - 23.15
A-
A+
Siasat WIKA Keluar dari Jerat Tumpukan Utang & Kinerja Rugi

WIKA

Bisnis, JAKARTA – Emiten konstruksi pelat merah PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) tengah melakukan upaya penyehatan dan memperbaiki kinerja keuangan. WIKA menargetkan perbaikan kinerja dari rugi menjadi laba akan terjadi pada 2025 atau paling lambat 2026. 

Hingga saat ini, WIKA baru menyampaikan laporan keuangan per Juni 2023. Adapun, laporan keuangan per September 2023 sedang dalam tahap audit, yang nantinya digunakan untuk aksi rights issue sebagai jalur bagi Pemerintah menyuntikkan dana penyertaan modal negara (PMN). Per Juni 2023, WIKA mencatatkan pendapatan Rp9,25 triliun, naik dari Rp7,18 triliun per Juni 2022. Namun, WIKA mencatatkan rugi bersih Rp1,88 triliun dari sebelumnya Rp13,32 miliar. Salah satunya akibat beban pendanaan.

Aset WIKA per Juni 2023 mencapai Rp72,17 triliun, dengan perincian ekuitas Rp15,47 triliun dan liabilitas Rp56,7 triliun. Ekuitas dan liabilitas turun dari akhir 2022, masing-masing sebesar Rp17,49 triliun dan Rp57,57 triliun. 

Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Mahendra Vijaya mengatakan proyeksi menuju laba kembali sedang didorong secara terus menerus. Diharapkan dengan segala upaya yang telah dilakukan bisa membuat perusahaan mencetak laba pada beberapa waktu mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.