Siemen Hibahkan Perangkat Lunak Senilai Rp3 Miliar

Peranti lunak ini akan diintegrasikan ke dalam kurikulum pengajaran fakultas teknik elektro untuk mendukung mahasiswa dalam mempersiapkan pemodelan desain kelistrikan dan perencanaan jaringan listrik masa depan.

Fatkhul Maskur

29 Feb 2024 - 22.53
A-
A+
Siemen Hibahkan Perangkat Lunak Senilai Rp3 Miliar

Siemens juga akan memberikan dukungan kepada universitas dalam instalasi, konfigurasi, dan penggunaan peranti lunak. - Foto Siemen Indonesia

Bisnis, JAKARTA—Siemens Indonesia kembali menghibahkan teknologi perangkat lunak senilai komersial Rp3 miliar kepada tiga perguruan tinggi, yakni Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Institut Teknologi PLN.

Presiden dan CEO Siemens AG Roland Busch menyatakan perangkat lunak yang dihibahkan melalui Siemens University Initiative Program itu adalah PSS®E dan PSS®SINCAL, peranti lunak perencanaan dan simulasi sistem tenaga listrik Siemens.

"Peranti lunak ini akan diintegrasikan ke dalam kurikulum pengajaran fakultas teknik elektro untuk mendukung mahasiswa dalam mempersiapkan pemodelan desain kelistrikan dan perencanaan jaringan listrik masa depan," ujarnya pada acara Siemens Indonesia Executive Summit 2024, Kamis (29/2/2024).

Dengan digunakannya PSS®E dan PSS®SINCAL di laboratorium serta didukung pakar Siemens, perguruan tinggi mampu memberikan pengetahuan mendalam mengenai konsep sistem tenaga listrik, terutama untuk jaringan listrik di Indonesia.

Dalam kolaborasi ini, Siemens juga akan memberikan dukungan kepada universitas dalam instalasi, konfigurasi, dan penggunaan peranti lunak itu sehingga bisa mempercepat pemanfaatan PSS®E and PSS®SINCAL di ketiga perguruan tinggi.

Hibah teknologi ini memperkuat hibah peranti lunak serupa, Peranti Lunak Perencanaan dan Simulasi Sistem Tenaga Listrik Siemens PSS®E dan PSS®SINCAL, pada November 2017 kepada Institut Teknologi Bandung.

Roland Busch menyatakan bahwa teknologi adalah alat paling ampuh bagi Indonesia untuk mentransformasi perekonomiannya dan menjadi lebih kompetitif, karena teknologi membuat manufaktur menjadi lebih kuat.

Teknologi secara otomatis meningkatkan keterampilan tenaga kerja, dan membantu Indonesia berada di jalur dekarbonisasi.

Siemens berkomitmen mendukung Indonesia melalui teknologi menuju transisi energi ramah lingkungan dan meningkatkan keterampilan tenaga kerja.

Baca Juga:

Mengatasi Sederet Tantangan Adopsi Bus Listrik

Menilik Enam Dimensi Standar Smart City

Selain hibah teknologi perangkat lunak, Siemens Indonesia memperkuat kemitraan dengan Swiss German University di Tangerang, Banten, melalui transfer pengetahuan di bidang keamanan siber bagi industri.

Kemitraan ini berfokus pada studi bersama mengenai teknologi keamanan siber yang terus berkembang agar tetap terdepan dalam menghadapi ancaman siber, serta melindungi data sensitif, termasuk berbagi pengetahuan, pelatihan, dan peningkatan kapasitas.

Melalui kemitraan ini, Siemens berupaya untuk memberikan solusi keamanan siber yang kuat, aman, dan terukur yang dapat memperkuat ketahanan keamanan siber industri di Indonesia serta meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.

Hal ini selaras dengan tujuan utama dari SGU untuk melakukan studi bersama dengan mitra teknologi dalam rangka mendorong pertumbuhan akademik para mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Siemens Digital Industries dan Swiss German University (SGU) telah menandatangani Nota Kesepahaman terkait Siemens Mechatronic System Certification Program (SMSCP) pada Di Agustus 2022.

Dedikasi SGU terhadap teknik, teknologi, dan inovasi menjadikan universitas sebagai mitra ideal untuk program SMSCP. Kolaborasi ini menggambarkan komitmen Siemens dalam memberikan pelatihan berkelas serta dedikasi perusahaan untuk mendukung institusi pendidikan tinggi dalam pengembangan keterampilan teknis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.