Siemens Jerman Siap Berkontribusi Kembangkan Kota Pintar di IKN

Otorita Ibu Kota Nusantara menjalin kesepakatan dengan Siemens soal pembangunan kota pintar di IKN Nusantara.

Jaffry Prabu Prakoso

18 Apr 2023 - 12.24
A-
A+
Siemens Jerman Siap Berkontribusi Kembangkan Kota Pintar di IKN

Titik Nol IKN Nusantara. /Setkab

Bisnis, JAKARTA – Kunjungan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) ke pameran industri internasional Hannover Messe 2023, Jerman, menunjukkan hasil positif. Hal ini ditandai dengan kesepakatan Indonesia dengan Siemens, penyedia teknologi terkemuka di sektor energi modern. 

Dalam hal ini, keduanya menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk mengembangkan smart energy, smart city, smart building, infrastruktur mobilitas cerdas dan sistem otomasi industri cerdas di IKN Nusantara. 

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan MoU ini menjadi langkah penting untuk menjadikan Nusantara sebagai pusat inovasi dan teknologi yang mumpuni untuk pengembangan bisnis dan ekonomi hijau di Indonesia. 


Kepala Otorita IKN Bambang Susantono - Youtube Setpres.


"Kami percaya bahwa kolaborasi dengan Siemens akan membawa wawasan dan keahlian yang berharga bagi pengembangan smart konsep kota di Nusantara, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka dalam pelaksanaan proyek ini," kata Bambang melalui keterangan pers, Senin (17/4/2023). 

Dia juga mengaku senang dan antusias untuk mewujudkan kolaborasi bersama Siemens dalam pengembangan Nusantara menuju green and smart city

Adapun, MoU tersebut bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara kedua pihak serta bertukar pikiran dan pengalaman dalam perencanaan dan implementasi konsep smart city di Nusantara yang mendukung pengembangan ekonomi hijau di Indonesia.

Baca juga: Jokowi Lobi Jerman Investasi di IKN Hingga Kembangkan Mikrocip

Bambang menjelaskan, ruang lingkup kerja sama pihaknya dengan Siemens mencakup pembentukan kelompok kerja dengan pemangku kepentingan terkait dengan pengembangan lingkup smart city.

Kemudian, melakukan studi kelayakan awal di bidang tertentu yang akan ditentukan lebih lanjut ke depannya, serta menjajaki potensi kerja sama strategis dalam pelaksanaan proyek.

Dalam hal ini, Otorita IKN bermaksud untuk membangun Nusantara menjadi kota pintar yang menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan kemampuannya, mengurangi biaya dan konsumsi, serta terlibat lebih aktif dan efektif dengan warganya.

Baca juga: Mendorong Ekspor dan Memancing Investasi di Hannover Messe 2023

Bambang menilai, Siemens sebagai penyedia teknologi dan keahlian, perusahaan yang tepat untuk mendukung pengembangan sektor smart energy, smart city, smart building, infrastruktur mobilitas cerdas, dan sistem otomasi industri cerdas di Nusantara.

“MoU ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan tujuan tersebut dan mempererat kemitraan kedua belah pihak,” ujarnya.


Sebelumnya, Otorita IKN bersama pemerintah Indonesia menghadiri pameran perdagangan dan industri terbesar dan terpenting di dunia, sejak 1947. Bersama dengan lebih dari 150 co-exhibitor Indonesia lainnya, Otorita IKN memamerkan kemajuan terbaru dari pembangunan dan investasinya.

Hannover Messe 2023 ini adalah kesempatan penting untuk berbagi dan memberikan informasi terbaru kemajuan pembangunan Nusantara kepada khalayak global, sekaligus mengajak dan meyakinkan investor dan media internasional bahwa Nusantara adalah Proyek Nasional yang diamanatkan undang-undang. (Afiffah Rahmah Nurdifa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.