Simak 3 Manfaat Spesifik Nanas bagi Kaum Hawa

Nanas justru bisa menjadi tambahan yang sangat bergizi untuk diet saat hamil.

Luke Andaresta

14 Sep 2021 - 14.22
A-
A+
Simak 3 Manfaat Spesifik Nanas bagi Kaum Hawa

Ilustrasi (Dok. Pineapple Supply Co/Unsplash)

Bisnis, JAKARTA – Nanas, buah khas tropis punya banyak khasiat untuk kesehatan semua orang terlebih manfaat sesifik bagi kaum hawa.

Jenis buah berair yang manis dan sedikit asam ini memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan, vitamin esensial, mineral dan enzim yang bisa melindungi diri dari peradangan, termasuk membantu proses pencernaan, meningkatkan kekebalan dan mempercepat pemulihan setelah operasi.

Mengutip dari Stylesxp, nanas juga memiliki nilai gizi yang bermanfaat untuk kulit, tulang, dan gigi. Secara kategoris, mengonsumsi beberapa potong nanas akan membersihkan saluran pencernaan dan kemih, sistem limfatik, dan jantung.

Itu akan membantu dalam meningkatkan asupan kalori, meningkatkan metabolisme, dan membantu penurunan berat badan.

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang ada, ternyata nanas juga secara spesifik memiliki manfaat kesehatan bagi wanita.

Simak beberapa potensi manfaat mengonsumsi nanas bagi kesehatan wanita seperti dilansir dari Healthline, Selasa (14/9) berikut ini.



1. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang ditandai dengan tulang yang melemah dan rapuh karena berkurangnya kepadatan massa tulang.

Menurut sebuah penelitian, osteoporosis empat kali lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang adalah vitamin C, yang terbukti dapat merangsang produksi sel-sel pembentuk tulang dan melindungi sel-sel tulang dari kerusakan.

Dalam 165 gram nanas ada 88 persen nilai harian (DV) untuk vitamin C termasuk 5 persen DV untuk magnesium yang penting untuk menjaga tulang tetap kuat.

Oleh karena itu, mengonsumsi nanas ke dalam makanan dapat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis.

2. Memberikan nutrisi penting selama kehamilan

Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan klaim bahwa nanas bisa berbahaya bagi kehamilan.

Nanas justru bisa menjadi tambahan yang sangat bergizi untuk diet saat hamil.

Dalam 165 gram nanas setidaknya menyediakan 18 persen DV mineral yang penting untuk pembentukan sel darah merah.

Kandungan vitamin B seperti thiamin, piridoksin, dan folat pada nanas juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Selain itu, nanas juga mengandung vitamin C dan sejumlah kecil zat besi, seng, dan kalsium yang semuanya penting untuk kesehatan kehamilan.

3. Mencegah kanker payudara

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita sebanyak 25 persen dari semua diagnosis kanker pada wanita.

Berbagai penelitian menyebut bahwa nanas mengandung nutrisi bromelain, enzim yang disarankan untuk efek anti kanker terutama yang berkaitan dengan kanker payudara.

Namun, hasil penelitian itu juga menyebut jumlah bromelain dalam nanas kemungkinan terlalu kecil untuk memiliki manfaat yang signifikan.

Meskipun begitu, perkembangan riset menunjukkan bahwa cuka pada nanas yang kaya antioksidan membantu mengurangi perkembangan tumor kanker payudara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.